• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Budaya dan Wisata

Kenalkan Potensi Buah Durian, Pemkab Pesawaran Adakan Pesta Durian Runtuh

9 February
20:21 2019
0 Votes (0)

KBRN, Bandar Lampung: Pemerintah Kabupaten Pesawaran, Sabtu(09/02/19), mengadakan kegiatan Pesta Durian Runtuh di Desa Talang Mulya, Kecamatan Teluk Pandan, Kabupaten Pesawaran.

Asisten I Bidang Pemerintahan Dan Kesra Kabupaten Pesawaran, Syukur, dalam sambutannya mengatakan, pesta durian runtuh di Desa Talang Mulya merupakan salah satu upaya dan sarana dalam mempromosi potensi wisata yang ada di desa tersebut khususnya.

Menurutnya, Desa Talang Mulya yang merupakan salah satu akses menuju objek teropong bintang akan menjadi tempat perlintasan wisata, dengan potensi yang dimiliki oleh desa tersebut dirinya yakin Desa Talang Mulya akan menjadi salah satu alternatif destinasi wisata dan menjadi contoh bagi desa lainnya di Kabupaten Pesawaran.

Desa yang dihuni sekitar 1.600 warga tersebut dikatakan Asisten I Bidang Pemerintahan Dan Kesra Kabupaten Pesawaran itu, juga memiliki potensi wisata alam yang sangat menjanjikan seperti banyaknya curug atau air terjun yang terdapat di desa yang berbatasan langsung dengan Kota Bandar Lampung tersebut, selain hasil buminya seperti buah durian yang telah dikenal dikalangan pecinta durian.

Dirinya berharap, warga Desa Talang Mulya, dapat terus mempertahankan dan meningkatkan capaian saat ini sehingga ke depan dapat menjadi desa yang produktif dan mandiri.

"Kabupaten Pesawaran salah satu kabupaten di Lampung yang mengembangkan tanaman durian selain tanaman pisang, jeruk, alpukat dan manggis yang keberadaannya layak diperhitungkan dengan jumlah produksi 14,9 ton permusim tersebar di 11 Kecamatan," ujar Syukur.

Ditempat yang sama, Irjen Pol. Ike Edwin yang hadir dalam acara tersebut sebagai tokoh masyarakat dan tokoh adat di Lampung mengaku bangga dengan semua potensi yang ada di tanah Lampung.

Menurut Ike, dirinya akan mempromosikan hasil bumi Lampung seperti durian yang terkenal dengan kelezatannya.

Mantan Kapolda Lampung itu berharap, dengan promosi-promosi yang dilakukan, hasil-hasil bumi dan produk dari Lampung dapat lebih terkenal dan dapat diminati masyarakat luar sehingga dapat berimbas kepada kesejahteraan masyarakat Lampung sendiri.

"Setiap pekan, 2 juta orang Jakarta keluar untuk plesiran, jika 10% saja ke Lampung, sekitar Rp200 milyar uang bisa beredar di Lampung, itu baru dari segi pariwisata belum yang lainnya," ujar Ike Edwin.

Sementara Kepala Desa Talang Mulya, Salim, mengatakan, selain dalam rangka memeriahkan HUT ke-4 desa yang dipimpinnya, pesta durian runtuh yang diadakan salah satu upaya mengenalkan dan mempromosikan potensi wisata yang ada di Desa Talang Mulya.

Menurut Salim, selain terkenal dengan penghasil buah durian dan buah-buahan lainnya di Provinsi Lampung, potensi wisata alam yang ada di Desa Talang Mulya cukup banyak seperti adanya curug kudus, curug koret, curug talang mulya, curug asda, curug cikapaya dan curug sinar gunung.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00