• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Sudut Istana

Presiden Cabut Remisi untuk Terpidana I Nyoman Susrama

9 February
17:05 2019
1 Votes (5)

KBRN Jakarta : Peringatan Hari Pers Nasional 2019 menjadi hari spesial bagi insan pers di seluruh Indonesia. Pasalnya, Rencana pemberian remisi kepada I Nyoman Susrama, terdakwa pembunuh jurnalis Radar Bali, A A Gde Bagus Narendra Prabangsa dibatalkan oleh Presiden Joko Widodo.

Keputusan pembatalan pemberian remisi diambil Kepala Negara setelah dirinya mendapat banyak masukan dari berbagai pihak, termasuk masyarakat dan juga insan jurnalis. Presiden mengatakan, pemberian remisi dibatalkan karena menyangkut rasa keadilan masyarakat luas. 

"Setelah mendapatkan masukan dari masyarakat, kelompok masyarakat, juga dari jurnalis, sudah saya perintahkan ke Dirjen Lapas Kemenkum HAM untuk menelaah dan mengkaji kembali pemberian remisi itu. Kemudian Jumat (8/2/2019) telah kembali ke meja saya. sudah sangat jelas sekali, sehingga sudah diputuskan, sudah saya tandatangani untuk dibatalkan, karena ini menyangkut rasa keadilan masyarakat,"  ujar Presiden Jokowi ketika ditemui di salah satu pusat perbelanjaan di Jakarta pada Sabtu (9/2/2019). 

Seperti diketahui, Keputusan Presiden Nomor 29/2018 - 2019 Susrama bersama 114 terpidana lain mendapat remisi perubahan hukuman dari penjara seumur hidup menjadi pidana penjara sementara, karena dinilai berkelakuan baik pada Januari 2019.

Namun keputusan tersebut dikecam banyak pihak. I Nyoman Susrama dihukum seumur hidup setelah dinyatakan bersalah oleh Pengadilan Negeri Denpasar karena membunuh Prabangsa. 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00