• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Budaya dan Wisata

Kolaborasi Budaya Dayak dan Tionghoa akan Ditampilkan dalam Tari Musikal

8 February
17:21 2019
1 Votes (5)

KBRN, Palangka Raya: Awal bulan depan di Kota Palangka Raya akan diadakan Pagelaran Tari Musikal bertajuk MAN DA U. Pagelaran ini menarik karena mengolaborasikan antara budaya Tionghoa dan budaya Dayak.                                                                                                                                                                                                                                

Ketua Komunitas Warga Tionghoa Kota Palangka Raya, Teguh, menyambut baik pertunjukan seni kolaborasi dua budaya ini. “Untuk acara ini cukup bagus ya karena kolaborasi antara dua budaya yang dipersatukan di khususnya Kalimantan Tengah,” ujarnya pada Jum’at (8/2/2019) di Palangka Raya.

Pada kesempatan yang sama Sutradara Pagelaran Tari Musikal Man Da U, Benny M. Toendan, mengatakan dalam persiapan materi pagelaran ini pihaknya juga berkonsultasi dengan komunitas Tionghoa yang ada di Palangka Raya.

“Kita berupaya niat kita kolaborasinya itu kita mengundang dari komunitas Tionghoa supaya memang ada arahan langsung. Jadi kita nggak buat sendiri, kita butuh support motivasi juga dari saudara kita dari Tionghoa. Tetap materinya juga kita bagi ada dua sesi, ada space-space yang sifatnya kolaborasi tapi pada prinsipnya kita mutlak memang untuk berkarya,” tuturnya penggiat seni daerah Kalteng tersebut.

Pagelaran Tari Musikal Man Da U dilaksanakan untuk memeriahkan perayaan Cap Go Meh di Palangka Raya. Dalam pertunjukan nantinya akan dikolaborasikan musik Cina dan musik khas Dayak.

Dalam pagelaran Tari Musikal Man Da U ini nantinya juga akan ditampilkan unsur budaya Tionghoa seperti Barongsai dan Ular Naga. Sementara, tarian daerah Kalteng yang akan dibawakan adalah Tari Kinyah Mandau, Tari Bahalai dan materi tari ritual Kanjan. Kegiatan seni tari kolaborasi Cina-Dayak ini akan berlangsung 1-3 Maret 2019 di Betang Hapakat Palangka Raya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00