• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Cabor

Cabor Esport Bisa Jadi Peluang Bisnis

8 February
14:38 2019
0 Votes (0)

KBRN, Denpasar : Menekuni cabang olahraga elektronik atau yang dikenal dengan esport bisa jadi mendatangkan keuntungan yang tidak terduga bagi para atlet atau gamers.  

Hal tersebut disampaikan pemerhati esport yang juga Akademisi Stiki Indonesia Nyoman Widi Adnyana kepada RRI di Denpasar, Jumat, (8/2/2019).

Menurutnya esport merupakan barang baru yang memiliki prospek cerah. Terlebih cabor ini sudah resmi menjadi anggota ke-33 Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (FORMI) Bali. Dijelaskan esport di era milenial bukan hanya semata-mata cabang olahraga yang buang-buang waktu melainkan mampu menunjang perkembangan ekonomi kreatif bagi para atlet atau gamers.

“Esport ini merupakan sebuah barang baru yang memiliki prospek cerah. Disamping sebagai esport akan dapat tercipta market-market yang bisa membangkitkan ekonomi kreatif,” tuturnya.

Widi Adnyana mencontohkan di lingkungan internal Stiki Indonesia perkembangan cabor esport susah untuk dibendung. Kalangan mahasiswa banyak memanfaatkan cabang olahraga elektronik ini untuk mengembangkan potensi diri mereka dengan membuat vlog maupun menjadi youtuber.

“Pelaku esport bisa melakukan transaksi-transaksi keperluan e-sport ini. Bukan keperluan fisik tetapi keperluan tool-tool untuk esport ini, sederhananya mereka itu bisa menjual senjata milik mereka kepada orang yang membutuhkan senjata itu,” paparnya.

Akademisi Stiki Indonesia itu menambahkan kelemahan saat ini yang dijumpai adalah masih adanya stigma negatif masyarakat terhadap para pelaku esport karena dianggap hanya membuang-buang waktu tanpa menghasilkan manfaat apapun. Guna meredam stigma negatif tersebut salah satu jalannya dengan memperbanyak sosialisasi esport kepada masyarakat sehingga muncul pemahaman sama tentang cabang olahraga elektronik tersebut.

  • Tentang Penulis

    Ni Putu Nirawati

    Isi Kontak Person Anda disini <strong>email, FB, Twitter</strong>, dll<br /><br />

  • Tentang Editor

    Hikmat Raharjo Oetomo

    Editor RRI Denpasar

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00