• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Sigap Polri

Polres Tanjung Perak Kembangkan Inovasi SPKT Door to Door, Seperti Apa?

7 February
04:02 2019
0 Votes (0)

KBRN, Surabaya : Inovasi melayani masyarakat dikembangkan oleh Polres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya. Dimana mereka memiliki Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Door to Door. 

SPKT ini, akan membantu masyarakat yang melaporkan kehilangan, atau melapor kasus lainnya, dengan adanya petugas yanh langsung mendatangi pelapor atau masyarakat ke rumah.

Inovasi ini, kata Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, AKBP Antonius Agus Rahmanto, untuk memudahkan masyarakat dalam pelaporan. 

"Contoh, mungkin kehilangan STNK, kehilangan KTP, SIM, ATM, bahkan membuat LP, Laporan Polisi, laporan pengaduan, kami siap," ujarnya, Rabu (6/2/2019).

Dua hari ini, SPKT Door to Door dalam tahap uji coba untuk melihat respon masyarakat, yang memanfaatkan layanan tersebut. Ada tiga unit kendaraan roda dua, dilengkapi dengan printer mobile untuk memudahkan petugas mencetak laporan. 

"Kami berharap bisa masuk ke kampung kampung. Dimana, banyak ibu rumah tangga, yang tidak bisa keluar rumah karena masih masak, anaknya banyak. Karena harus ngurus selembar surat ini terpaksa meninggalkan itu semua," ceritanya. 

Sementara itu, mekanisme pelaporan nantinya ada tiga cara yang bisa dipilih masyarakat. Antara lain, menggunakan web, aplikasi, serta menggunakan telp biasa. Ketiga cara tersebut akan segera dilaunching.

"Dimana tiga tiganya, kami berharap dalam waktu dekat, minggu depan bisa kita luncurkan," tegasnya. 

SPKT Door to Door ini, kata Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, diklaim sebagai inovasi yang pertama kali di Indonesia. 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00