• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Hiburan

Konser Duo Pianis Internasional Awali Perayaan Hubungan Diplomatik Indonesia-AS ke 70 Tahun

6 February
23:09 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Permainan tuts demi tuts dari duo pianis internasional, Sally Pinkas dan Evan Hirsch, Rabu malam (6/2/2019), di kediaman duta besar Amerika Serikat di Jakarta, berhasil menghipnotis para tamu undangan yang hadir.

Konser musik pianis pasangan asal negeri Paman Sam itu, merupakan program yang mengawali perayaan hubungan diplomatik Indonesia-Amerika Serikat ke 70 tahun ini.

Duta besar Amerika Serikat di Jakarta, Joseph R. Donovan, mengatakan, dipilihnya konser duo pianis itu dikarena pihaknya yakin, bahwa musik merupakan media tepat untuk semakin mendekatkan masyarakat dari kedua negara satu sama lain.

“Tentu saja saya rasa Anda tadi mendengarkan apa yang disampaikan Evan dan Sally, bahwa musik itu memiliki kekuatan pemersatu yang sangat luarbiasa sekali. Dan saya ingin masyarakat Amerika Serikat dan Indonesia paham betapa kuatnya ikatan yang bisa kita bina melalui musik,” ujar Joseph R. Donovan, Rabu malam (6/2/2019), di Jakarta.

Menurut Donovan, memasuki tahun ke 70 hubungan diplomatik bersama Indonesia memiliki arti penting, sehingga sepanjang tahun inipun akan ada berbagai program yang diselenggarakan dengan fokus bagi penguatan kontak masyarakat dari kedua Negara.

“Tentunya nanti kita akan ada byk program yang dihelat, tapi jika digarisbawahi tema yang ada adalah difokuskan pada kontak masyarakat antar kedua negara,” jelasnya.

Pianis Evan Hirsch menyatakan ia dan Sally Pinkas merasa terhormat, dapat menjadi bagian dari perayaan hubungan diplomatik Indonesia-Amerika Serikat yang lebih dari setengah abad itu.

“Tentu saja kami merasa terhormat dengan dapat menjadi bagian dari perayaan 70 tahun hubungan bilateral ini. Dimana kami juga tidak hanya bisa tampil, tapi juga bekerjasama dengan musisi Indonesia dan itu luarbiasa sekali,” ungkap Evan Hirsch yang juga merupakan pengajar di Dartmouth College.

Pagelaran konser duo pianis, Sally Pinkas dan Evan Hirsch juga turut dimeriahkan dengan kolaborasi keduanya dengan pianis bertalenta Indonesia, Airin Efferin.

Malam itu ketiganyapun berhasil membuat suasana ruangan menjadi lebih bersemangat dengan memainkan sebuah lagu berjudul “Stars and Stripes Forever” karya komponis asal Amerika Serikat, John Philip Sousa.

Airin mengungkapkan, untuk pertama kalinya lagu tersebut dimainkan, sebagai bentuk persembahan bagi hubungan baik kedua negara.

“Terus kita pikir aduh kita tambahkan sesuatu yang spesial dan sebelum-sebelumnya belum ada dan hanya hari ini aja. Karena, kita ingin merayakan hubungan bilateral Indonesia-Amerika Serikat, maka kita tambahkan sesuatu yang dari Amerika,” imbuh Airin Efferin.

Sementara, berdasarkan informasi yang dimiliki kedutaan besar Amerika Serikat di Indonesia, bahwa kemitraan Indonesia dan Amerika Serikat dibidang seni jika ditelurusi telah lama ada.

Bahkan, sebelum adanya hubungan diplomatik kedua negara.

Pada tahun 1893 di kota Chicago diselenggarakan pertunjukan yang menampilkan musik Indonesia pertama kalinya di Amerika Serikat.

Gamelan dari sejumlah instrumen musik yang digunakan pada penampilan kala itu hingga saat ini masih dipamerkan di salah satu museum di Chicago.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00