• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kesehatan

Pasca Operasi pasien "obesitas ekstrim " Mampu Duduk Sendiri

6 February
14:58 2019
1 Votes (5)

KBRN, Palangka Raya: Tiga minggu pasca menjalani operasi bariatric atau operasi pengecilan lambung, pasien obesitas ekstrim, Titi Wati, sudah banyak mengalami kemajuan. Jika sebelumnya Titi Wati hanya bisa berbaring dengan posisi tengkurap, kini ia sudah bisa duduk tanpa dibantu orang lain.

Ketika ditemui di rumah kediamannya di jalan G. Obos 25 Palangka Raya, Titi Wati, mengungkapkan perasaan senangnya karena sudah bisa duduk. “Belajar berdiri juga walau tidak lama. Kalau berdiri itu paling 10 sampai 15 menit. Nggak bisa nahan lama. Jadi kakinya pegal. Kalau duduk hampir 20 menit lebih, kalau pagi,” ujarnya pada Rabu (6/2/2019). 

Meskipun berat badannya belum ditimbang kembali, Titi Wati, merasa berat badannya telah turun. Ia mengaku lebih ringan ketika membolak-balik tubuhnya. Dokter Fisioterapi juga terus menyarankan Titi Wati untuk menjalani latihan fisik dengan menggerakkan otot tangan dan kakinya meski dalam kondisi berbaring.

Untuk mencapai target menurunkan berat badannya 15-20 kilogram per bulan Titi Wati masih terus menjalani diet ketat. Menu makanan yang harus ia konsumsi sampai tanggal 8 Februari mendatang seperti bubur dan ikan kukus untuk makan siang dan malam. Selanjutnya, telur orak arik dan roti untuk sarapan serta buah pepaya dan yogurt untuk sore dan malam hari. 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00