• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kuliner Nusantara

Pesta "Sarebu Donat Ubi Cilembu Boyke" Catat Rekor ORI

26 January
19:34 2019
3 Votes (3.3)

KBRN, Bandung: Pesta Salembur (Sarebu Donat Ubi Cilembu Boyke), pecahkan rekor Original Rekor Indonesia (ORI), di Lapangan YPI jalan Mahmud kota Bandung Sabtu, (26/1/2019).

Selain rekor makan dan bagi-bagi seribu donat Cilembu yang di inisiasi pengusaha asal kota Bandung Boyke Febrian Muhammad, ORI menilai, bahan baku utama donat tersebut berasal dari ubi yang belum pernah dibuat serta berasal dari bumi Jawa Barat. Selain mencatat rekor, ORI juga menganugrahkan medali bagi Boyke Febrian Muhammad, atas ide serta kepedulainnya untuk meningkatkan ekonomi kerakyatan.

"Pemecahan rekor seribu donat dengan bahan baku ubi Cilembu merupakan rekor baru di Indonesia. Kategorinya sesuatu yang baru, bahan baku tradisional, asli daerah Jawa Barat dan bahan baku sangat mudah didapat serta murah,"ungkap Ketua Original Rekor Indonesia (ORI) Guruh Susanto kepada wartawan disela pemecahan rekor seribu ubi Cilembu.

"Harapan ORI, mudahan-mudahan donat berbahan baku ubi Cilembu ini nisa menjadi tambahan ikon kuliner kota Bandung khususnya Jawa Barat,"ucapnya.

Sementara pada kesempatan yang sama, Boyke Febrian Muhammad mengatakan, donat berbahan baku ubi hanya ada di Kota Bandung.

"Kenapa ubi Cilembu, karena ada kearifan lokal disini. Saya dekasikan secara khusus hanya diproduksi untuk di kota Bandung. Saya ingin membantu mensejahterakan warga kota Bandung. Jadi kalau mau cari donat ubi ya ada di Bandung, siapa pelakunya ya warga kota Bandung,"bebernya.

Boyke juga mengatakan, niatan menciptakan donat yang berbahan dasar ubi itu, berawal dari kepeduliannya terhadap masyarakat kota Bandung. Ia sering mendengar keluh kesah masyarakat, yang mempunyai masalah ekonomi. Hatinya pun bergerak, yang kemudian menciptakan donat yang berbahan dasar ubi Cilembu.

"Saya ingin membuat peluang usaha bagi masyarakat kota Bandung. Donat ubi ini sangat murah, dan masyarakat nanti yang mau dapat menjualnya kembali. Intinya saya tidak ambil untung lebih, biar masyarakat yang dapat untunh besar agar perekonomiannya meningkat,"jelasnya.

Selain memberikan peluang usaha berjualan donat kepada masyarakat kota Bandung, Boyke juga memberikan pelatihan kepada masyarakat, membuat donat ubi.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00