• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Lingkungan Hidup

Dua Pasar Tradisonal di Banjarmasin Akan Terapkan Pengurangan Kantong Plastik

25 January
08:21 2019
1 Votes (1)

KBRN, Banjarmasin : Pedagang tradisional di Banjarmasin Kalimantan Selatan siap mendukung kebijakan penguranagn kantong plastik. Ada dua pasar tradisional yang akan menerapkan kebijakan tersebut yakni pasar teluk dalam dan pasar pandu.

Anto pedagang yang biasa berjualan di pasar teluk dalam Banjarmasin mengatakan, tidak masalah jika Pemerintah Kota Banjarmasin ingin menerapkan kebijakan tersebut asalkan tidak ada protes dari para pembeli.

“Kita sih mendukung saja, asalkan pembeli juga mendapatkan sosialisasi sehingga mereka tidak protes kepada kami,”katanya, Jumat(25/1/2019).

Sementara Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Banjarmasin Mukhyar menjelaskan, kebijakan ini dalam upaya mengurangi volume sampah plastik yang setiap harinya mencapai 100 ton.

“Kita perjelas dulu bahwa ini bukanlah bentuk pelarangan seperti yanag sudah diberlakukan untuk took modern. Untuk tahap awal ini kita hanya menerapkan kebijakan pengurangan kantong plastik di pasar tradisional,”ungkapnya.

Seperti diketahui Banjarmasin sukses menerapkan kebijakan larangan menyediakan kantong plastik untuk ritel atau toko modern sejak 2016 lalu. Meski sempat menuai pro dan kontra namun kini masyarakat sudah terbiasa membawa tempat belanja sendiri jika ingin berbelanja.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00