• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Teknologi

Fitur Forward WA Dibatasi, Kemkominfo: Penerusan Pesan Menurun

24 January
19:04 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta: Plt Kepala Biro Humas Kementerian Kominfo Ferdinandus Setu menyampaikan bahwa dengan adanya fitur pembatasan forward pesan melaui WhatsApp (WA), WhatsApp mencatat perubahan perilaku meneruskan pesan turun sebanyak 25 persen secara global.

"Sudah dilakukan simulasi bahwa dengan pengurangan dari 20 kali menjadi 5 kali, itu akan berdampak 25 persen penerusan pesannya," jelasnya ketika diwawancarai oleh Pro 3 RRI, Kamis (24/1/2019).

Ia mengatakan bahwa fitur pembatasan forward pesan melalui WA tidak serentak dilakukan kepada semua sistem di Handphone semua dilakukan bertahap sesuai pola dari WA.

"Sekarang masih berlaku di tahap OS Android, kita mengikuti pola dari WA global," imbuhnya.

Pembatasan forward pesan, lanjut Ferdinandus, banyak mendapatkan tanggapan positif dan negatif. Tanggapan negatif diakui banyak salah satunya mereka merasa dirugikan atas adanya fitur pengurangan forward pesan.

"Banyak komen negatif, mereka menganggap bahwa langkah tersebut dirasa tidak perlu karena pembatasan jadi berdampak kepada informasi positif, jualan online, dan lain-lainnya," tandasnya.

Untuk diketahui, fitur pembatasan forward pesan melaui WhatsApp akan mulai berlaku efektif pada tanggal 21 Januari 2019 waktu Los Angeles atau tanggal 22 Januari 2019 Pukul 12.00 Waktu Indonesia Bagian Barat.

Pembatasan jumlah forward pesan pada aplikasi Whatsapp itu baru berlaku untuk pengguna OS Android. Untuk IOS sedang dalam proses pengembangan.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00