• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Teknologi

PLTSa Tuntaskan Permasalahan Sampah dan Kelistrikan di Kota Tarakan

24 January
18:26 2019
0 Votes (0)

KBRN, Tarakan : Komitmen meningkatkan kehandalan kelistrikan di Bumi Paguntaka terus diupayakan Pemerintah kota Tarakan. Terbukti, Pemkot Tarakan bersama PT Patra Global Energi, Kamis (24/1/2019), telah menyelesaikan Draf Pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa).

“Kami bersama PT Patra Global Energi membahas draf ini, dan yang diharapkan kedua pihak bisa saling menguntungkan, khususnya untuk masyarakat kota Tarakan”, ungkap Asisten Satu Pemkot Tarakan Hendra Arfandi kepada RRI.

Hendra menejalaskan, Pembangunan dan Pengoperasian Pembangkit Listrik Tenaga Sampah atau PLTSa di Kota Tarakan ini sangat penting, mengingat pertumbuhan sampah yang terus bertambah setiap tahunnya, dan dengan kehadiran PLTSa ini akan menjadi solusi tepat.

“Kota Tarakan telah meiliki modal untuk merealisasikan ini,  yakni memiliki asset (tempat) dan juga bahan bakunya yaitu Sampah, kami harapkan bisa mengurangi volume sampah kedepan dan tentunya menghasilkan listrik yang bermanfaat untuk kota Tarakan”, sambung Hendra.

Sesuai pemaparan dari PT Patra Global Energi, PLTSa tersebut akan menggunakan  mesin high technology.  dan memerlukan bahan baku air untuk menghidupkannya. Mesin tersebut mampu mengolah 120 ton sampah dan menghasilkan 25 MegaWatt listrik.

“Dengan adanya tambahan 25 MegaWatt kekuatan listrik ini, maka masalah pemadaman listrik akan teratasi, dan jika teralisasi Tarakan adalah satu-satunya kota di Indonesia yang menggunakan PLTSa”, tutup Hendra. Amr

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00