• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Lingkungan Hidup

Drainase Tersumbat, Kantor Pos Sanggau Terendam

22 January
19:03 2019
0 Votes (0)

KBRN, Sanggau : Persoalan drainase di Kota Sangggau disertai hujan, dituding menjadi pemicu banjir yang melanda sejumlah wilayah di Kota Sanggau. Seperti yang terlihat di Jalan Haji Agus Salim, Kelurahan Beringin, Kecamatan Kapuas, Selasa (22/01/2019).

Kantor Pos yang berada di kawasan tersebut ikut terkena imbasnya. Warga yang hendak berurusan di kantor plat merah tersebut harus melewati genangan banjir. Karyawan kantor Pos juga ikut membangun jembatan darurat untuk mempermudah mobilisasi warga yang hendak menuju Kantor Pos.

"Penyebabnya selain drainasenya kecil ditambah lagi sampah menyumbat gorong-gorong dekat Pasar Seroja. Berkat kerjasama petugas dari Dinas Lingkungan Hidup, BPBD dan warga sekarang airnya sudah surut," kata Lurah Beringin, Triyono, Selasa (22/01/2019).

Tidak hanya di Kantor Pos, Gang yang berada disebelahnya ikut terendam. Mendapati kondisi tersebut, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sanggau bergerak cepat. Mereka menerjunkan tim untuk mencari tahu penyebab tersumbatnya aliran air melalui drainase.

"Kita turunkan kurang lebih 16 orang, dari dinas LH ada enam orang sedangkan dari BNPB kurang lebih 10 orang," ungkap Kepala Bidang Pertamanan Dinas Lingkungan Hidup, Priyono.

Dinas LH juga mengerahkan tim amfibi yang bertugas mengangkat sampah dari dalam parit yang tersumbat dengan cara menyelam.

"Kita ada tim Amfibi dari Bidang Pertamanan. Tadi mereka langsung menyelam dan menemukan banyak sampah yang menyumbat aliran drainase di perempatan Kantor Pos. Ini yang membuat Kantor Pos dan lingkungan sekitarnya banjir. Setelah diangkat, aliran air sekarang sudah lancar," ujarnya.

Kepada para pedagang yang berjualan di pinggir jalan, Priyono meminta tidak membuang sampah ke dalam parit.

"Kemungkinan para pedagang yang dari kampung yang berjualan disitu, karena tidak laku sampahnya dibuang ke parit. Masyarakat sekitar kami minta ikut menjaga lingkungan, jangan sampai membuang sampah sembarangan, apalagi diparit, buanglah sampah pada tempat yang telah disiapkan," pesannya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00