• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Teknologi

Kejahatan Cyber Ancam Keamanan Masa Depan

21 January
15:09 2019
1 Votes (5)

KBRN, Palangka Raya : Kejahatan Media online belakangi sudah merajalela, ada kejahatan berupa penipuan melalui media online baik itu penipuan bisnis online, termasuk ancaman terhadap masa depan bangsa dan negara dan bahkan Ancaman keamanan di dunia maya kian berkembang.

Menurut Kepala Dinas Kominfo Provinsi Kalimantan Tengah, Herson B Aden, dulu kejahatan sering terjadi melalui telepon, banyak penipuan melalui telepon, saat ini beralih ke online penawaran-penawaran melalui online star Up/aplikasi kian marak.

“Langkah yang harus dilakukan oleh masyarakat agar tidak tertipu adalah masyarakat harus melihat dan memahami Keberadaan star Up/aplikasi yang ada dari goggle,”cetusnya, Senin (21/01/19).

Sementara Anggota DPRD Provinsi Kalimantan Tengah Komisi B, Lodewik Iban sangat mendukung keberadaan Undang-undang ITE dalam hal member efek jerah terhadap pengguna media social yang tidak bertanggung jawab dengan apa yang dilakukan dimedsos. “kami sangat menyambut baik pihak kepolisian menggerakkan Cyber demi keamanan bersama,”tandasnya

Berkaitan permasalahan yang ada di media social diwilayah Kalteng, Kabid Humas Polda Kalimantan Tengah, Kombes Pol Hendra Rohcmawan menyebutkan kasus cyber yang ditangani Polda kalteng, kasus lunak, memberi pembinaan terhadap pengguna social dengan cara diperingati, namun apabila tidak digubris akan dipanggil dan diminta pertanggung jawaban atas perbuatannya.

Ia, kita masih member keringanan bagi pengguna medsos yang bermasalah asalkan mereka cepat mengakuinya,”tegas Hendra.

Berdasakan data 2018, dikatakan Kabid humas polda kalteng ini ada 7 jenis kausus yang sudah ditangani, ada juga sedang diproses dan dalam penyelidikan, yaitu 1 tentang ujaran kebencian dan hoax 8 kasus, penghinaan dan pencemaran nama baik 7kasus, porno grafi dan kesusilaan 5 kasus, hekking dan illegal ekses 3, perjudian online 2kasus, pengancaman melalui media online 1kasus, dan penipuan online 1 bijak bermedsos, sharing sebelum shering, pelajari terlebihdahulu.

  • Tentang Penulis

    Gordon Tobing

    <p>Reporter RRI Palangkaraya</p><p></p>

  • Tentang Editor

    RustamDE

    Rustam Desk Editor Wilayah Kalimantan

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00