• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pemilu 2019

APK Pemilu Dirusak, Silahkan Lapor ke Panwaslih

20 January
17:37 2019
0 Votes (0)

KBRN, Takengon : Panwaslih Kabupaten Aceh Tengah menghimbau kepada seluruh Partai Politik (Parpol) peserta pemilu 2019 segera melapor jika terdapat Alat Peraga Kampanye (APK) yang dipasang pada sejumlah titik mengalami kerusakan.

Koordinator Divisi SDM dan Organisasi Panwaslih Aceh Tengah Darmawan Putra mengatakan akan menindaklanjuti setiap laporan terkait penyelenggaran pemilu termasuk jika ada pengerusakan spanduk atau baliho Parpol, Caleg maupun Capres-Cawapres.

Hanya saja dirinya menegaskan, pihaknya tidak akan menggubris laporan perusakan APK yang dipasang pada tempat-tempat yang telah dilarang seperti tempat ibadah, rumah sakit, sekolah, fasilitas kesehatan dan gedung milik pemerintah.

“Kalau itu legal lalu terjadi kerusakan maka pemilik APK silahkan melapor, nanti kita akan terima dan kita pelajari, apakah telah memenuhi syarat formil dan materil, pasti akan kita tindak lanjuti, tapi tidak untuk APK ilegal yang penempatannya saja melanggar peraturan,” katanya, Minggu (20/1/2019).

Darmawan Putra menambahkan, pelaku pengerusakan APK Parpol, Caleg, Capres-Cawapres dapat dijatuhi hukuman dan denda serta akan diproses oleh Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakumdu).

“Masalah ini juga telah ditegaskan dalam pasal 521 juncto pasal 28 ayat 1 huruf h, tentang perusakan APK, dimana jika terbukti bersalah, pelakunya akan dikenakan sanksi, berupa kurungan Dua tahun penjara, kemudian denda maksimal Rp24 juta,” jelasnya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00