• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Budaya dan Wisata

Ratusan Lampu Lampion Hiasi Klenteng See Hin Kiong Padang

20 January
12:05 2019
1 Votes (1)

KBRN, Padang : Ratusan lampu lampion terlihat menyumarakan penyambutan perayaan tahun baru Imlek 2570 di sepanjang kawasan tempat peribadatan Klenteng See Hin Kiong Padang yang berada di jalan Klenteng Kecamatan Padang Barat Kota Padang.

Dari hasil pantauan RRI dilapangan pagi tadi, masih terlihat pengurus Klenteng See Hin Kiong memasang lampu lampion yang merupakan sumbangan dari umat Thionghoa.

Budi salah seorang petugas tempat peribadatan Klenteng See Hin Kiong  kepada RRI mengatakan, lampu lampion tersebut sudah terpasang sejak dua hari yang lalu.

“Ada 300 lampu lampion dikawasan Klenteng See Hin Kiong ini yang sudah terpasang sejak dua hari yang lalu, namun belum dinyalakan,” ujar Budi, Minggu (20/1/2019).

Sementara itu, selain di kawasan Klenteng See Hin Kiong, lampu lampion juga terlihat terpasang di setiap rumah-rumah warga yang berada di kampung percinaan tersebut.

Budi menambahkan, lampu lampion tersebut dinyalakan secara serentak pada sore ini yang sebelumnya didahului dengan melaksanakan ritual keagamaan.

“Sore nantinya dilaksanakan ritual penyalaan lampu lampion secara serentak, juga di adakan atraksi barongsai di halaman Klenteng See Hin Kiong ini,” tambah Budi.

Sementara itu Teddy, salah seorang warga Thionghoa mengatakan, lampu lampion tersebut identik dengan warna merah.

“Ya warna merah itu melambangkan rasa kegembiraan umat Thionghoa dalam menyambut tahun baru Imlek 2570 ini,” ujar Teddy.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00