• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Budaya dan Wisata

Penyelenggara Festival Rancakalong Raih Penghargaan ORI

19 January
12:15 2019
1 Votes (5)

KBRN, Sumedang:  Salahsatu upaya melestarikan seni budaya di tatar sunda Jawa Barat (Jabar), Para penggiat seni budaya di Sumedang gelar Festival Rancakalong yang dilaksanakan di Obyek Wisata Panenjoan, Desa Pasir Biru Kecamatan Rancakalong Kab. Sumedang, Sabtu (19/1/2019).

Ketua Pelaksana Kegiatan yang juga Pimpinan Padepokan Gending Siloka, Teten Hidayat mengatakan, Festival Rancakalong di isi dengan berbagai pagelaran seni budaya khas sunda seperti, longser, jaipong, reak dan banyak lagi yang lainnya termasuk pagelaran seni tarawangsa.

"Masih banyak para penggiat seni budaya di kecamatan rancakalong yang terus berupaya melestarikan dan mengajarkannya secara turun temurun seperti, seni budaya ngalaksa dan bubur suro. kami pun bersama bersama para penggiat seni yang lain secara intens memperkenalkan kepada generasi muda agar mengetahui berbagai jenis kesenian sunda yang ada di Sumedang khususnya, sebab seni budaya merupakan jati diri bangsa juga sebagai perekat persatuan," terangnya.

Selain itu, terang Teten, dengan adanya kegiatan Festival Rancakalong yang pertama kali digelar itu diharapkan, dapat menular ke para penggiat seni budaya yang ada di setiap kecamatan se Kab. Sumedang.

"Sumedang merupakan Puser (Pusat, red) kebudayaan Sunda olehsebab itu, seni budayanya harus terus dilestarikan, dikembangkan dan dipertahankan dengan melibatkan semua komponen, baik pelaku seni, komunitas, pemerintah dan pihak yang lainnya," ucap Teten.

Perlu diketahui, sambung Teten, kegiatan Festival Rancakalong terselenggara atas partisipasi dari para penggiat seni budaya dengan biaya swadaya.

"Selain pertunjukan sejumlah seni budaya sunda, Festival Rancakalong diwarnai dengan penyerahan penghargaan dari Original Rekor Indonesia (ORI)," ucapnya.

Sementara itu, Presiden ORI, Guruh Susanto menyebutkan, ada tiga penghargaan yang diberikan dalam kegiatan Festival Rancakalong yakni, kategori penyelenggara tunggal dan dua penghargaan untuk penyelenggara pendukung.

"Piagam penghargaan pertama diberikan kepada penyelenggara utama yakni padepokan Gending Siloka, kedua kepada penyelenggara pendukung yakni, Paguyuban Rancakalong dan ketiga untuk Nyimas Ayu Dewi Mayangsari yang juga sebagai Duta ORI Seni Budaya," terangnya.


tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00