• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kumham

Bea Cukai Atambua Gagalkan Penyelundupan Barang Eksport ke Timor Leste

18 January
19:39 2019
5 Votes (4)

KBRN, Belu : Aparat Bea Cukai Atambua Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Motamasin berhasil menggagalkan upaya penyelundupan 738 karton minyak goreng dan 129 karton kopi instan sachet ke wilayah Timor Leste.

Kepala Seksi Penyuluhan dan Layanan Informasi, Kantor Pengawasan dan Pelayanan Tipe Madya Pabean B Atambua, Syaefudin, Jumat (18/1/2019) mengatakan, upaya penyelundupan barang ekspor tanpa dokumen tersebut menggunakan 3 buah truk pengangkut.

Kepemilikan barang tersebut dari 3 buah perusahaan atau eksportir CV JR, UD dan NMJ yang akan di bawa ke Timor Leste tanpa melalui Pemberitahuan Ekspor Barang (PEB).

Menurut, Syaefudin, keberhasilan penyelundupan bermula dari informasi intelijen yang memberikan atensi khusus terhadap pengiriman ekspor barang yang dilakukan oleh CV. JR, UD dan NMJ. Ada indikasi kuat bahwa truk yang mereka gunakan memuat barang selain barang yang diberitahukan dalam PEB (Pemberitahuan Ekspor Barang).

"Atas informasi tersebut, terhadap truk dilakukan pemeriksaan mendalam saat masuk ke dalam kawasan PLBN Motamasin. Hasil pemeriksaan ditemukan minyak goreng dan kopi instan sachet yang tidak diberitahukan dalam PEB," jelasnya.

Terhadap barang bukti tersebut dilakukan pencacahan dan penyitaan, lalu dibawa ke Kantor Bea Cukai Atambua untuk diproses lebih lanjut.

"Untuk sementara barang penyelundupan tersebut telah diamankan di Kantor Pusat Bea Cukai Atambua, guna dilakukan penyelidikan dan penyidikan lebih lanjut," jelas Syaefudin.

Terhadap kegiatan penyelundupan ekspor tersebut dapat diancam dengan hukuman pidana karena melanggar ketentuan undang-undang Nomor 10 tahun 1995 tentang Kepabeanan sebagaimana telah diubah dengan Undang-undang Nomor 17 tahun 2006.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00