• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kesehatan

Pasca Operasi Tim Dokter akan Pantau Kondisi Titi Wati Sampai 8 Bulan ke Depan

16 January
17:49 2019
0 Votes (0)

KBRN, Palangka Raya: Pasien obesitas ekstrim, Titi Wati, telah dioperasi di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Doris Sylvanus Palangka Raya. Pasca operasi, tim dokter akan terus melakukan pemantauan terhadap kondisi kesehatan dan Berat Massa Indeks (BMI) Titi Wati. 

Dokter Spesialis Bedah Digestif, Gede Eka Rusdi Antara, sebagai dokter yang melakukan tindakan operasi menjelaskan pemantauan akan dilakukan sampai kurang lebih delapan bulan ke depan.

"Sekarang ibu Wati ini BMInya 86 artinya sangat tinggi sekali antara perbandingan tinggi tubuh dan berat badan. Dan yang kita tuju adalah gradasi penurunan dari Berat Massa Indeks tubuh itu. Nanti kalau ketika BMI itu di angka 50 atau 60 di situ akan kita putuskan apakah perlu atau tidak tindakan operasi lagi berikutnya," ujarnya.

Ia menambahkan meskipun pihaknya kembali ke Bali, komunikasi dengan Tim Gugus Tugas dari RSUD Doris Sylvanus akan terus berlanjut untuk memantau kondisi Titi Wati.

Dokter Gede mengaku sempat mengalami kesulitan standar ahli bedah saat melakukan operasi namun tim dapat menangani dengan baik. 

Sementara itu, Direktur Utama Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Doris Sylvanus Palangka Raya, Yayuk indriyati, mengatakan kondisi Titi Wati, pasca operasi selasa (15/1/2019), kondisinys stabil dan dapat dipindah dari ICU ke ruang rawat biasa. 

“Sudah kita rencanakan untuk program bisa mendapatkan intake gizi mandiri, akan kita lepas selangnya. Dan kemudian kita melihat kondisi yang lain rencana hari ini akan kita pindahkan ke ruang biasa,” katanya pada Rabu (16/1/2019). 

Menurutnya, dalam dua hari ke depan Titi Wati sudah dapat kembali pulang ke rumah. Diharapkan dengan pemantauan intensif, hasil operasi Titi Wati dapat dirasakan manfaatnya dalam 5 sampai 6  bulan ke depan. 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00