• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pemilu 2019

Tingkatkan Partisipasi Pemilih Pemula, KPU Buton Selatan Gencarkan 'Sosialisasi Goes To School'

13 January
12:40 2019
0 Votes (0)

 KBRN, Batauga : Keterlibatan Pemilih Pemula atau generasi milenial yang populasinya sangat signifikan di seluruh tanah air, dalam pemilu, digadang-gadang akan menjadi indikator suksesnya Penyelenggaraan Pemilu. 

Untuk itu, baik dari penyelenggara Pemilu (KPU dan Bawaslu) maupun peserta Pemilu (Pilpres, DPD RI, Caleg DPR RI, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota), kini gencar memikat perhatian dan merebut hati generasi ini dengan berbagai pendekatan dan kegiatan.

KPU Kabupaten Buton Selatan misalnya, penyelenggara pemilu yang di ketuai Ari Ashari ini kini gencar lakukan sosialisasi dan aksi Goes to School ke seluruh Sekolah Menengah Atas (SMA) se-Kabupaten Buton Selatan.

“Untuk di Buton Selatan, kita sudah lakukan sosialisasi secara bertahap. Ada dua langkah yang kita lakukan dalam sosialisasi ini yakni sosialisasi di Tingkat SMA dan Goes To School. Tujuan kita sebenarnya minat atau kesadaran dari adik-adik ini pada hari pemilihan mereka mau berkontribusi dan memberikan hak pilihnya,” jelas Ketua KPU Buton Selatan Ari Ashari, Minggu (13/1/2019).

Terkait data jumlah pemilih pemula di Kabupaten Buton Selatan, Lanjut Ari Ashari, KPU dalam waktu dekat akan berkoordinasi kembali dengan Dukcapil sebagai penyedia data. Apalagi saat ini Dukcapil Busel juga tengah gencar lakukan aksi jemput bola dengan melakukan perekaman mobile hingga ke tingkat kecamatan dan desa.

“Alhamdulillah, sejauh ini kegiatan jemput bola yang dilakukan Dukcapil sejauh ini membuahkan hasil. Hanya saja datanya itu saya belum ambil berapa kira-kira yang telah melakukan perekaman,” imbuhnya.  

Diketahui Daftar Pemilih Tetap Hasil Perubahhan (DPTHP 2) Kabupaten Buton Selatan berjumlah 58.440 Pemilih. Jumlah ini masih akan terus berubah seiring bertambahnya usia pemilih pemula.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00