• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Gubernur Kalbar Minta Masyarakat Jaga Buah Lokal dan Cegah Klaim Negara Lain

13 January
12:34 2019
1 Votes (5)

KBRN, Pontianak : Gubernur Kalimantan Barat  Sutarmidji meminta, masyarakat agar senantiasa menjaga kelestarian buah lokal di Kalbar yang tumbuh di hutan, seperti buah durian yang saat ini sedang marak diperjual belikan.

Hal ini dilakukan untuk mencegah keinginan orang dari negara luar yang mencoba mengambil bibit buah lokal yang menjadi unggulan untuk ditanam dan dipetik hasilnya sehingga menjadi jenis buah unggulan baru yang diklaim milik negara tersebut.

“Jangan sampai durian kita diekspor orang dengan nama mereka. Harus ada pemodal yang kuat untuk pengembangan bibit Durian Unggul,” tegasnya, Minggu (13/1/2019).

Melalui Festival Durian 2019 mulai 12 hingga 13 Januari yang diselenggarakan di Desa Punggur Kecil ini, diutarakan Walikota Pontianak dua periode ini, pemerintah mendorong agar ke depan masyarakat atau petani durian dapat mengembangkan buah durian yang diketahui memiliki belasan jenis, menjadi buah durian unggulan.

Selain itu, pemanfaatan produk olahan buah durian juga, menurut Gubernur, masih banyak yang bisa dihasilkan selain yang ada saat ini.

“Tidak hanya Lempok Durian atau Tempoyak, harusnya ada olahan lain. Seperti Aloe Vera itu ada 30-an turunan home industry, durian juga harusnya begitu,” harapnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Festival Durian 2019 Priyono mengungkapkan, tercatat 100 orang kontestan yang mengikuti Festival Durian. Sementara untuk makan durian gratis, pihaknya menyediakan kurang lebih 600 buah durian untuk dimakan bersama-sama secara gratis, yang telah diselenggarakan Sabtu (12/01/2019) kemarin di Desa Punggur Kecil, Kecamatan Kakap, Kabupaten Kubu Raya.

“Ada 100 kontestan, kemarin kita sediakan 600 lebih Durian untuk kita makan sama-sama,” paparnya.

Meski tidak mencari yang terbaik, namun diharapkan Priyono pada Festival Durian kali ini pihaknya akan mendapatkan durian yang diharapkan dapat menambah jenis durian unggul yang ada di Desa Punggur Kecil.

“Untuk saat ini, durian unggulan yang ada di Desa Punggur Kecil merupakan jenis Jarum Mas yang sudah terdaftar di Perlindungan Varietas,” pungkasnya.

Sementara itu, Jadwal Kegiatan Festival Durian 2019 untuk hari ini, antara lain kunjungan ke Kebun Sentra Penghasil Durian, Kontes Durian, Makan Durian Sepuasnya, Lomba Mewarnai Tingkat SD, Lomba Hasil Olahan Durian dan Penyerahan Hasil Kontes serta penyerahan Hadiah.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00