• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Cabor

550 Atlet Bakti Negara se-Bali Ikuti Danur Dara

12 January
14:25 2019
0 Votes (0)

KBRN, Badung : Tercatat sekitar 550 atlet Persatuan Seni Pencak Silat (PSPS) Bakti Negara dari sembilan kabupaten/kota se-Bali mengikuti Ujian Kenaikan Tingkat atau dikenal dengan istilah Danur Dara di Lapangan Sading Mengwi Kabupaten Badung.

Kegiatan yang digelar selama dua hari mulai 12 hingga 13 Januari tersebut dibuka langsung Ketua Umum PSPS Bakti Negara Bali I Nyoman Giri Prasta yang juga Bupati Badung.

Seusai membuka kegiatan Nyoman Giri Prasta didampingi Ketua Lembaga Dewan Pendekar Pusat PSPS Bakti Negara Bagus Alit Sucipta menjelaskan Danur Dara merupakan wahana bagi PSPS Bakti Negara Bali untuk menyeleksi atlet secara objektif dan transparan. Setelah mampu naik tingkat otomatis dari segi prestasi atlet diyakini juga mengalami peningkatan.

Dalam kegiatan Danur Dara kali ini, kata Giri Prasta satu pesan penting yang wajib diingat atlet adalah mampu menjaga perdamaian, menjunjung tinggi sportivitas dan menghindari permusuhan.

“Di mana ada Bakti negara di situ wajib ada kedamaian, dan nanti akan menghasilkan prestasi. Dengan prestasi itu, kita di PSPS Bakti Negara kita akan mampu menunjukkan prestasi tersebut baik di tingkat Kabupaten, Propinsi Bali, Nasional, Internasional dan Dunia. Ini kami sudah klasifikasikan baik di nomor laga maupun seni, bahkan kepada atlet ke depan yang memiliki prestasi dan akan membawa Bali, itu sampai pola makannya kita atur,” tuturnya Sabtu, (12/1/2019).

Ditanya kontribusi PSPS Bakti Negara Bali menyumbang atlet menuju Sea Games 2019 di Filipina, menurut Nyoman Giri Prasta seleksi akan dilakukan dengan objektif dan transparan. Selama ini prestasi atlet sudah terbukti dimana dalam ajang Asian Games tiga atlet PSPS Bakti Negara Bali atas nama Komang Harik Adi Putra yang bertanding di kelas E Putra 65-70 kg,  maupun nomor seni Ganda Putri Sang Ayu Sidan Wilantari dan Ni Made Dwiyanti mampu menyumbang emas bagi Indonesia di multi event level Asia tersebut.

“Kaitannya dengan komitmen kami sudah barang tentu kami mempersiapkan atlet yang akan kita seleksi secara objektif sesuai kemampuan mereka, dan mudah-mudahan akan mendapat hasil yang memuaskan. Untuk juara-juara Asian Games, selain terus latihan, mereka juga sekarang menjadi pelatih bagi adik-adiknya, dan mereka sudah mampu menggetok tularkan apa yang mereka dapat selama ini di Bakti Negara,” ungkapnya.

Menyinggung soal tidak dipertandingkan nomor laga kelas E, yang menyebabkan Komang Harik Adi Putra kemungkinan tidak dapat tampil di Sea Games 2019, Ketum PSPS Bakti Negara Bali itu mengaku legowo, karena keputusan untuk mempertandingkan nomor merupakan kewenangan pihak penyelenggara. Meski demikian dengan potensi atlet PSPS Bakti Negara Bali yang meningkat signifikan saat ini, pembinaan akan terus berlanjut, untuk mengulang sukses melahirkan atlet-atlet potensial bagi Merah Putih.  

  • Tentang Penulis

    Ni Putu Nirawati

    Isi Kontak Person Anda disini <strong>email, FB, Twitter</strong>, dll<br /><br />

  • Tentang Editor

    Hikmat Raharjo Oetomo

    Editor RRI Denpasar

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview

Berita Terbaru

   

Ketika Anak-anak Disabilitas di Malang Antusias Bersaing

00:00:00 / 00:00:00