• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Nasional

Jokowi : Aturan ojek online beri kesenangan semua pihak

12 January
13:44 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Pemerintah akan segera mengeluarkan aturan untuk ojek online dalam waktu dekat. Presiden Joko Widodo mengutarakan, aturan tersebut diharapkan dapat menguntungkan tidak hanya bagi pengguna namun juga bagi aplikator dan pemilik.

Aturan untuk kendaraan umum online sudah diterapkan untuk taxi online. Peraturan tersebut tertuang dalam Peraturan Menteri Nomor 118 / Tahun 2018. Kini dalam waktu dekat, peraturan untuk kendaraan umum online, khususnya roda dua juga akan segera dikeluarkan, khusus untuk ojek online. Meski kendaraan roda dua tidak masuk dalam kendaraan penumpang, seperti yang tercantum dalam UU, namun, Peraturan Menteri yang akan mengatur nanti menjadi salah satu bentuk untuk mengatur kendaraan online roda dua. Presiden Joko Widodo mengutarakan, aturan tersebut diharapkan dapat menguntungkan tidak hanya bagi pengguna namun juga bagi pengemudi dan pemilik. Hal ini diungkapkan Kepala Negara saat silaturahmi nasional dengan pengemudi online di Kemayoran hari ini. 

"Sebentar lagi keluar payung hukum agar bapak ibu saudara sekalian bisa bekerja dengan ada payung hukumnya. Saya titip, kalau sudah ada payung hukum yang jelas, di lapangan, saya dari mobil saya lihat-lihat waktu mengemudi, ambil handphone sambil nyetir, hati-hati seperti ini, hati-hati. Saya titip hati-hati, karena bapak ibu sekalian itu memiliki keluarga, jangan sampai kecerobohan, nyetir sambil terima order sehingga menyebabkan kelalaian dan kecelakaan," ujar Presiden Jokowi di Jakarta Internasional Expo Kemayoran, Sabtu (12/1/2019). 

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo mengungkapkan, bahwa profesi driver online atau angkutan online merupakan profesi yang mulia, karena membuka lapangan kerja baru di beberapa kota di Indonesia. Presiden pun mengapresiasi ide dan niat mereka dalam menciptakan inovasi berupa kendaraan sewa online, keluar dari zona nyaman, dan memberikan pelayanan cepat bagi penggunanya. 

"Saya merasa sangat bangga bisa bertemu dengan bapak ibu saudara semua, seluruh pengemudi taksi online dan ojek online, saya bangga karena di mata saya, bapak ibu dan saudara sekalian adalah orang-orang yang berani menembus batas, berani keluar dari zona-zona nyaman, keluar dari tradisi dan menjadi pelopor model pekerjaan baru, model pekerjaan masa depan yaitu transportasi online." Pungkas Presiden. (PR) 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00