• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Inspektorat Daerah Bondowoso Berlakukan SisKeuDes Online

12 January
08:30 2019
0 Votes (0)

KBRN, Bondowoso : Inspektorat Daerah Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, tengah mempersiapkan Aplikasi Sistem Keuangan Desa (SisKeuDes) Online untuk memantau serapan Dana Desa (DD) maupun Anggaran Dana Desa (ADD).

Menurut Inspektur Kabupaten, Wahyudi Triatmadji, pemberlakuan SisKeuDes Online ini merupakan tindak lanjut hasil evaluasi penggunaan DD dan ADD yang laporan pertanggungjawabannya masih belum tertib administrasi. 

“Banyak temuan kita di lapangan, seperti ada bendahara yang menyimpan uang DD/ADD lebih dari Rp10 juta, padahal aturannya, jika lebih dari Rp10 juta harus dimasukkan ke rekening,” katanya, Sabtu (12/1/2019).

Selain itu, kata Wahyudi, banyak ditemui adanya perubahan kegiatan secara mendadak tanpa melalui musyawarah perencanaan pembangunan desa (Musrembangdes). 

“Temuan saya, banyak perubahan kegiatan tanpa persetujuan Badan Permusyawaratan Desa (BPD),” tegasnya. 

Ia mengaku, persiapan untuk SisKeuDes Online ini sudah mencapai 90 persen, tinggal mensingkronkan antara pemerintah desa, perangkat desa dan operator desa, termasuk kesiapan sarana prasarana maupun sumber daya manusia (SDM).

“SDM pemerintah desa saya rasa mumpuni, server dan segala macam sudah lengkap, tinggal menunggu waktu untuk meluncurkan ini,” katanya. 

“Dengan SisKeuDes, kita dimudahkan memantau DD dan ADD, alirannya kemana dab dibuat untuk apa. Karena APBDes yang sudah direncanakan otomatis terkunci, kecuali ada perubahan rencana yang disepakati melalui musrembangdes,” imbuh Wahyudi.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00