• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Solo Pertama Kali Terima Dana Kelurahan, Pengelolaannya Diawasi Ketat

12 January
06:30 2019
0 Votes (0)

KBRN, Surakarta : Tahun ini 54 Kelurahan di Kota Solo mendapatkan aliran dana kelurahan dari pemerintah pusat senilai Rp 18 miliar. Pemkot Surakarta sangat hati-hati dalam mengelola dana kelurahan itu, karena kali pertama Pemkot Surakarta menerima anggaran tersebut.

Penjabat Sekda Surakarta Untara mengatakan, dana kelurahan senilai Rp 18 miliar akan dibagi secara proporsional untuk 54 kelurahan. Setiap kelurahan menerima anggaran berbeda-beda, sesuai luas wilayah dan juga jumlah penduduk.

"Kelurahan Mojosongo menjadi yang terbesar, disusul Kecamatan Jebres dan yang paling kecil kelurahan Kepatihan, karena hanya dua RW," jelas Untara, Jumat (11/1/2019).


Untara memastikan anggaran sejumlah itu bakal digunakan untuk meningkatkan sarana dan prasarana wilayah hingga pemberdayaan masyarakat serta peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM).

"Itu DAU kita sebagian untuk dana Kelurahan.Kita upayakan proporsional untuk 54 kelurahan. Pembagian
digunakan sebaiknya ketentuan pusat sarpras dan pemberdayaan masyarakat,"

Untara juga menegaskan, bakal melakukan pengawasan secara maksimal dalam pengelolaan dana kelurahan tersebut. Pihaknya tidak ingin kasus penyelewengan dana desa terjadi di daerah akan terjadi di Kota Solo.

"Sudah kita share ke masing-masing kelurahan. Anggaran masuk kelurahan, camat monitor, inpektorat melakukan pengawasan. Jangan sampai seperti dana desa tidak bisa mempertanggungjawabkan penggunaanya karena minimnya SDM," tandasnya.

Dikatakanya, pengelola dan pengawas dana kelurahan Kota Solo telah menerima pengarahan langsung dari Kementrian Keuangan. Inspektur Jendral Kemenkeu Sumiyati telah memberikan pengarahan kepada aparat kelurahan dan Inpekturat Surakarta terkait pemanfaatan dana kelurahan.

"Dia meminta dana tersebut digunakan sesuai petunjuk untuk sarana prasarana dan pemberdayaan masyarakat," pintanya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview

Berita Terbaru

   

Pemkot Malang Serahkan 416 Sertifikat Tanah PTSL Milik Warga

00:00:00 / 00:00:00