• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

BMKG : Perairan Maluku Utara Masih Berpotensi Gelombang Tinggi 1 Hingga 4 Meter

11 January
21:32 2019
1 Votes (5)

KBRN, Ternate : Kondisi cuaca secara umum di Wilayah Maluku Utara cerah berawan dengan potensi hujan ringan di beberapa wilayah, namun gelombang tinggi 1,5 hingga 4 meter berpotensi terjadi di Perairan Halmahera Bagian Utara hingga Samudera Pasifik.

Gelombang Tinggi ini berpotensi dapat terjadi karena dipengaruhi kecepatan angin yang masih tinggi dan diprediksi hingga Bulan Agustus mendatang.

Kepala BMKG Stasiun Meteorologi Sultan Babullah Ternate melalui Prakirawan Cuaca Vianca Adji Dwi Putra kepada RRI Jumat (11/1/2019) mengatakan, penyebab terjadinya gelombang tinggi karena dipengaruhi oleh adanya kecepatan angin yang berkisar 10 knot atau 20 kilometer per jam yang terjadi sejak awal Januari 2019.

”Sejak awal Januari 2019 gelombang tinggi berkisar 10 knot atau 20 kilometer perjam yang dipengaruhi tiupan angin di Perairan Halmahera Bagian Utara hingga Samudera Pasifik,” Ungkap Vianca Adji Dwi Putra, Jumat (11/1/2019).

Disamping itu kata Vianca Adji Dwi Putra, angin kencang yang terjadi ini juga disebabkan adanya perbedaan tekanan cukup siknifikan antara belahan bumi di Utara dan belahan bumi di Selatan.

Hal inilah yang membuat arah angin yang bertiup dari sekitar Barat hingga Timur Laut atau dari wilayah Samudera Pasific masuk ke Wilayah Maluku Utara dan berbelok ke Wilayah Equator menuju ke Selatan, tutup Vianca Adji Dwi Putra. (nng/tte).

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00