• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Angin Kencang Tumbangkan Sejumlah Pohon di Klaten

11 January
21:30 2019
1 Votes (5)

KBRN, Klaten : Untuk yang ke sekian kalinya, bencana angin kencang disertai hujan deras kembali menerjang sejumlah wilayah di Klaten, termasuk di Kecamatan Ngawen, pada Jumat (11/1/2019) sore.

Akibat kejadian tersebut, pohon-pohon tumbang dan bangunan los tembakau ambruk dan sebagian pohon itu menimpa rumah warga. Pohon tumbang terjadi di wilayah dan hampir merata di berbagai wilayah.

Tumbangnya pohon tersebut setelah hujan deras disertai angin kencang menerjang Klaten sekitar pukul 15.15 WIB hingga 16.00 WIB.

Camat Ngawen, Anang Widjatmoko, mengatakan belum mendapat informasi pasti soal rumah yang rusak akibat tertimpa pohon tumbang. Hanya, ia memperkirakan lebih dari 20 rumah tertimpa pohon tumbang.

“Sementara ini belum ada laporan korban jiwa,” tandas Anang.

Sementara itu di Kecamatan Tulung, angin kencang menyebabkan satu pohon beringin berukuran besar roboh di Dukuh Ringinsari, Desa Kiringan. Robohnya pohon setinggi 10 meter itu merusak tiga rumah.

Di sisi lain, Komandan Kodim 0723/Klaten, Letkol Inf. Eko Setyawan, melalui Danramil Tulung, Kapten Cpl. Tri Djoko mengatakan, salah satu rumah rusak total akibat kejadian itu.

Salah satu warga bernama Mardi Sutikno, 85, dilarikan ke RSU PKU Muhammadiyah Jatinom untuk mendapatkan perawatan setelah mengeluh sakit pinggang pasca pohon ambruk dan merusak seluruh bangunan rumahnya.

“Personel TNI bersama warga dan sukarelawan langsung ke lokasi untuk pemotongan pohon. Namun, kendalanya pada peralatan karena ukuran pohon yang besar,” terangnya.

Sedangkan Camat Tulung, Rohmad Sugiarto menyatakan muspika bersama sukarelawan menggelar rapat koordinasi untuk proses evakuasi terutama pohon berukuran besar yang ambruk.

“Kami juga akan pikirkan bagaimana selanjutnya agar pemilik rumah bisa menempati rumah mereka kembali,” kata Rohmad.

Rekomendasi Berita
tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00