• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Lingkungan Hidup

Para Relawan di Klaten Bersihkan Enceng Gondok

11 January
20:58 2019
1 Votes (5)

KBRN, Klaten : Pemerintah Kecamatan Gantiwarno Klaten menggerakan ratusan relawan dari berbagai unsur untuk bergotong royong membersihkan tanaman Enceng Gondok di Sungai Tambas  di wilayah setempat.

Camat Gantiwarno, Lilis Yulianti mengatakan, langkah tersebut diambil untuk melakukan antisipasi dini bencana banjir di musim  penghujan. Di mana di Wilayah Kecamatan Gantiwarno ada tiga titik yang rawan terjadi bencana.

"Desa rawan banjir itu, meliputi Sungai Tambas di Desa Baturan dan Sungai Afur di Desa Kragilan dan Ngandong. Maka dari itu kita  melakukan bersih-bersih di Sungai Tambas, Desa Baturan yang dipenuhi tanaman eceng gondok," tandas Lilis di sela kegiatan, Jumat (11/1/2019).

Dikatakannya, dalam bersih-bersih enceng gondok di Sungai Tambas ini menjadi prioritas, melibatkan 150 relawan dari berbagai unsur meliputi relawan Pemerintah Kecamatan Gantiwarno, TNI, POLRI, Komunitas Peduli Sungai, Kokam dan banser serta masyarakat.

"Merekan bergotong royong bersih-bersih sungai  sepanjang 2 km hingga berbatasan dengan Kecamatan Jogonalan yang  tumbuh subur eceng,” jelas nya.

Lebih lanjut, Lilis mengatakan, kondisi krusial juga ditemukan di titik lainnya pada Sungai Afur. Tepatnya berada di Dusun Balong, Desa Kragilan ditemukan berbagai tumpukan sampah. Termasuk adanya karung dan bebatuan sehingga menyumbat aliran Sungai Afur sendiri.

Selain itu,  Sungai Afur di Desa Ngandong, Kecamatan Gantiwarno mengalami permasalahan yang sama dengan Sungai Tambas yakni ditumbuhi tanaman eceng gondok. Maka itu perlu dilakukan pembersihan agar tidak meluap sehingga menjadikan bencana banjir.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00