• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Hujan Disertai Angin Robohkan Pohon dan Tiang Listrik di Wonogiri

11 January
19:04 2019
0 Votes (0)

KBRN, Wonogiri : Hujan deras disertai angin terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Wonogiri, Jumat (11/1/2019) sore. Akibatnya sejumlah pohon tumbang dan menimpa jaringan listrik. Beberapa tiang listrik PLN juga tumbang.

Warga Manyaran Sofyan mengabarkan hujan deras terjadi sekitar pukul 15.30 WIB. Hujan tersebut juga disertai angin. Pepohonan yang tidak kuat diterpa angin roboh dan menimpa jaringan listrik. 

"Hujannya tadi cukup deras dan disertai angin. Tidak lama tapi ada pohon tumbang menimpa jaringan listrik PLN," katanya kepada RRI.

Selain pohon tumbang beberapa rumah penduduk rusak akibat angin tersebut. Rumah rusak di bagian atap seperti genting berterbangan. 

Kapolsek Manyaran Iptu Abu Bakar Sidik membenarkan telah terjadi bencana angin puting beliung di wilayahnya. Kejadian sekitar pukul 15.30 hujan deras dan angin kencang.

"Di Dusun Brambangan Desa Gunungan, Manyaran, pohon menimpa kabel PLN dan Telkom. Menyebabkan kabel-kabel itu jatuh ke jalan raya tiang listrik dan Telkom tumbang," katanya.

Kondisi ini juga sempat menjadikan kemacetan di jalan raya Wonogiri-Gunung Kidul Yogyakarta. Pihaknya bersama jajaran muspika dan warga bahu membahu untuk mengkondisikan jalan tersebut.

"Sempat macet, karena kabel semua ke jalan. Ini kerja keras warga Polsek, Koramil dan bisa terkendalikan. Kalau jaringan listrik memang masih menunggu PLN," ujarnya.

Sebelumnya bencana juga terjadi di kabupaten Wonogiri tiga hari yang lalu. Hujan deras di Wonogiri mengakibatkan tanah longsor di Dusun Pendem RT 007/RW 004, Desa Nguneng, Puhpelem. Pada hari yang sama tanah longsor dan angin topan juga terjadi di Kecamatan Bulukerto.

"Hujan lebat mengakibatkan bidang tanah di bagian belakang rumah Katno Wagiman di Nguneng, Puhpelem, longsor. Longsoran menimpa tembok dan bangunan rumah permanen itu hingga roboh. Tidak ada korban jiwa maupun luka dalam peristiwa itu. Kerugian material berupa bangunan rumah permanen yang baru selesai dibangun sekitar setengah bulan yang lalu," jelas Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPDBD) Wonogiri, Bambang Haryanto.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00