• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Lingkungan Hidup

Mahasiswa Hingga Anak-Anak Ikut Lepaskan Tukik di Pantai Aceh Jaya

11 January
18:48 2019
0 Votes (0)

KBRN, Calang : Pengiat Konservasi Penyu Aron Meubanja, mengikutsertakan mahasiswa hingga anak - anak melepas liar kan tukik atau anak penyu di pantai Konservasi Penyu, Kecamatan Panga, Kabupaten Aceh Jaya.

"Kegiatan ini sebagai edukasi kepada seluruh masyarakat dan upaya bersama dalam pelestarian penyu di kawasan konservasi ini," kata Ketua Konservasi Penyu Aroen Meubanja Panga, Murniadi, dihubungi di Aceh Jaya, Jum'at (11/1/2019).

Kegiatan pelepasan bayi penyu jenis Lekang yang merupakan kelompok reptil itu, sebagai kegiatan edukasi, sekaligus mempromosikan kawasan konservasi sebagai objek wisata lingkungan yang dijaga serta diawasi secara hukum.

Kegiatan terakhir dilaksanakan pada Kamis (10/1) petang, kegiatan itu dilakukan para penggiat konservasi penyu, diramai kan mahasiswa dan masyarakat yang ikut melepas liarkan 63 ekor tukik di kawasan pantai konservasi tersebut.

"Bukan hanya pelepasan tukik saja, mahasiswa, anak - anak warga sekitar diberikan pemahaman tentang pentingnya menyelamatkan penyu dan diimbau tidak mengkonsumsi telur penyu," sebutnya lagi.

Pelepasan sebanyak 62 ekor tukit di pantai tersebut dilakukan agar bayi - bayi penyu yang telah menetas dari penangkaran itu dikembalikan ke habitatnya di laut yang dijaga dan dilindungi oleh aturan yang telah dibentuk.

Satwa dilindungi yang memiliki nama lain Lepidochelys Olivacea itu, perlu dijaga populasinya dari kepunahan, habitat kelompok reptil laut tersebut kian menyusut akibat pencemaran laut dan aktivitas perburuan.

"Tapi, yang kita lepas ini juga tidak dapat dipastikan keselamatannya, sebab kondisinya masih sangat labil sehingga bayi - bayi penyu ini berpotensi menjadi santapan kelompok predator laut," imbuhnya.

Lembaga konservasi penyu tersebut mencatat telah melepas liarkan tukik sebanyak 11.932 ekor lebih sejak tahun 2012 sampai dengan Januari 2019, di kawasan pantai yang telah ditetapkan sebagai kawasan konservasi di Aceh Jaya itu.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00