• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ekonomi

Sumur Tua, Target Lifting Blok Rokan Diturunkan

11 January
18:11 2019
0 Votes (0)

KBRN, Pekanbaru : Target produksi minyak siap jual (lifting) dari sumur di Blok Rokan pada 2019 turun dari tahun lalu. Salah satu faktor utama penurunannya adalah dipengaruhi kondisi sumur minyak yanga sudah tua sehingga angka lifting sengaja dipatok lebih rendah.

Hal itu dikatakan oleh Kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Hulu Minyak dan Gas (SKK Migas) Sumatera Bagian Utara, Hanif Rusdi, Jumat (11/1/2019).

Dia menyebutkan target lifting pada blok yang dikelola PT Chevron Pasifik Indonesia (CPI) itu hanya 190 ribu Barel Per Hari (BPH).

"Jika merujuk pada angka target lifting tersebut, terjadi penurunan sebesar 9,2 persen jika dibandingkan dengan realisasi tahun 2018 lalu mencapai 209 ribu lebih BPH, penurunan lifting murni karena sumur sudah tua, apalagi selama ini tidak ditemukan cadangan baru sebagai sumur baru, padahal selama kontraktor kontrak kerja sama sudah dimotivasi untuk menemukan sumur baru," katanya.

Seperti diketahui bahwa sumur minyak di Blok Rokan tahun 2021 akan diambil alih PT Pertamina (Persero) sesuai keputusan pemerintah. Jika melihat data lifting yang ditetapkan SKK Migas, maka PT Pertamina harus mempersiapkan teknologi tinggi untuk bisa mengangkat kembali produksi minyak siap jual di blok itu.

Sumur yang sudah tua bukan berarti minyak sudah habis, namun untuk mengangkat minyak ke permukaan dibutuhkan teknologi mumpuni dan padat modal agar jumlah produksi bisa meningkat, setidaknya bisa mengimbangi jumlah produksi sebelumnya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00