• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Gajah Liar Obrak abrik Rumah dan Kebun Warga Simpang Keuramat

11 January
18:04 2019
0 Votes (0)

KBRN, Lhokseumawe : Puluhan Kawanan gajah liar mengobrak-abrik perkebunan milik warga Dusun krueng Baree, Gampong Simpang  Jambe, Kecamatan Simpang Keuramat, Aceh Utara.

Meskipun tidak ada korban jiwa,  Namun satu unit rumah singah dan puluhan hektar sawit, palawija dan pisang  milik warga setempat, rusak parah setelah diinjak-injak binatang liar tersebut.

Kapolres Lhokseumawe AKBP Ari Lasta Irawan, melalui kapolsek Simpang Keuramat Iptu Abdul Aziz kepada RRI menyebutkan, berdasarkan informasi masyarakat kawanan gajah liar itu sudah masuk kepermukiman sejak dua hari terakhir .

Selain merusak sebuah rumah singah berkontruksi kayu milik Ismail, hewan berbadan besar itu juga ikut merusak puluhan tanaman milik Zulfikar, Hamdani dan Husni  yang merupakan warga setempat,”jelas Iptu Abdul Aziz, Jum’at (11/1/2019).

Tambah kapolsek, menurut keterangan warga kawanan gajah liar tersebut berpindah pindah tempat diareal hutan perbatasan, sedangkan Muspika telah melakukan kordinasi dengan pihak Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) untuk melakukan tindakan atau pengusiran satwa gajah itu lebih jauh dari pemukiman warga.

“Kami mengimbau kepada seluruh masyarakat agar tidak melakukan penyiksaan dengan cara menembak terhadap satwa-satwa yang dilindungi, karena akan bisa dikenakan sanksi pidana,tentang perlindungan satwa,” imbaunya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00