• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Angin Puting Beliung Landa Perumahan Rancaekek Permai Kabupaten Bandung

11 January
17:58 2019
1 Votes (5)

KBRN, Bandung: Angin puting beliung melanda kawasan Rancaekek, Kabupaten Bandung, Jumat (11/1/2019) sekitar pukul 15.12 WIB, menyebabkan beberapa rumah rusak dan beberapa atap rumah terbawa angin.

Kepala Stasiun BMKG Bandung, Toni Sukma Wijaya di Bandung  menjelaskan kondisi atmosfer berdasarkan citra satelit Himawari terpantau awan konvektif dengan jenis Cumulonimbus meliputi wilayah Bandung bagian timur.

"Pengukuran pos hujan observasi yang tercatat di Pos Hujan Cileunyi, kurang dari satu jam tercatat 16 mm, masuk dalam kategori curah hujan dengan intensitas lebat," ujar Toni saat dihubungi wartawan melalui telepon selulernya.

Hujan dan pembentukan angin yang terjadi di Bandung timur tersebut disebabkan baik oleh faktor regional dan global. Dari sisi regional, adanya pertemuan massa udara di sekitar Jabar dan belokan angin (shearline) di Jawa Barat bagian tengah.

“Faktor global, karena terdapat anomali suhu permukaan laut di perairan Jawa Barat yang cenderung hangat sehingga berpeluang terjadi pembentukan awan konvektif potensial hujan,”ucapnya.


"Dari pantauan citra radar terdeteksi adanya pembentukan awan konvektif dengan kategori hujan sedang-lebat dan ketinggian puncak awan bisa mencapai 14 km pada pukul 15.12 WIB," ungkapnya.

Mengingat Jawa Barat masuk dalam puncak musim hujan, Toni mengimbau kepada masyarakat agar tetap tenang dan waspada, serta menjauhi pohon-pohon yang rindang atau bangunan-bangunan yang rapuh.

"Usahakan tidak keluar rumah di saat hujan lebat disertai angin kencang, petir atau kilat. Bagi pengendara motor agar menghindari genangan air dan tidak berteduh di bawah pohon saat hujan lebat disertai angin,"imbaunya.

Sementara angin puting beliung yang melanda perumahan Rancaekek Permai, dalam video amatir tampak angin putting beliung memporak-porandakan atap beberapa rumah. Selain itu juga, hujan yang cukup lebat menyebabkan genangan air di jalan kompleks perumahan tersebut. Hingga saat ini belum dilaporkan adanya korban pada peristiwa tersebut.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00