• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Nasional

Rescue dan Damkar Palangkaraya Mengevakuasi Titi Kerumah Sakit

11 January
16:44 2019
0 Votes (0)

KBRN, Palangkaraya : Setelah 6 tahun lamanya tidak bisa bergerak dan hanya terpaku di dalam rumah, akhirnya Titi Wati (37) wanita berbobot 300 kg, akhirnya  bisa di evakuasi oleh tim gabungan dari damkar dan regu penyelematan (Rescue) palangkaraya berjumlah 40 orang, menuju ke rumah sakit Daerah Doris Silvanus, guna mendapatkan perwatan secara intensif.

Komandan Rescue dan Damkar Kota Palangkaraya Sucipto mengaku lega dengan jerih payah selama sehari semalam, khusnya dalam membuat peralatan tandu yang terbuat dari bahan kayu semacam ulin.

Tandu yang dilengkapi dengan roda, akhirnya berhasil mengevakuasi Titi dari kediamannya di Jalan G Obos XXV Palangkaraya. Diceritakan, dalam proses evakuasi membutuhkan waktu kurang lebih satu jam, dengan pertama menjebol kusen dua jendela rumah, lantaran ukuran badan lebih besar daripada pintu, kemudian perlahan mulai di angkat menggunakan bantuan kayu bulat.

“Biarpun kami lelah seharian memikirkan bagaimana cara mengevakuasi bu Titi, tapi kami puas bisa berhasil mengangkutnya ke mobil pick up, hingga di bawa ke rumah sakit,” kata Cipto kepada RRI Jumat (10/1/2019)

Ia menambahkan aksi penyelamatan terhadap pasien obesitas dengan bobot 300 kg baru kali ini dilakukan, meskipun dirinya kerap kali melakukan aksi heroik penyelamatan terhadap masyarakat, namun kali ini paling berkesan, karena berhasil memikirkan alat bagaimana cara mengangkut pasien tersebut hingga ke rumah sakit, meskipun memakai biaya pribadi yang ditaksir sekitar Rp 500 ribu.

Dari pantauan RRI, proses evakuasi Titi wanita berbobot 3 kwuintal tersebut, praktis menyedot animo masyarakat sekitar dan pengunjung rumah sakit, karena aksi heroik tersebut sangat langka, sampai akhirnya petugas memerlukan waktu 1 jam berhasil mengevakuasi Titi ke rumah sakit, dengan bantuan 40 petugas gabungan baik dari rescue dan damkar Palangkaraya, selanjutnya pasien obesitasi akan dilakukan pengecekan secara menyeluruh, sebelum dilakukan tindakan operasi, yang diperkirakan memakan waktu selama 5 hari, dengan mengerahkan sedikitnya 5 dokter spesialis dari luar ditambah bantuan 10 lebih perawat rumah sakit setempat.

  • Tentang Penulis

    Edy Suroso

    Reporter RRI Palangkaraya : hari hari saya, saya habiskan untuk kegiatan keagamaan, mencari berita dan dunia pendidikan non formal.

  • Tentang Editor

    RustamDE

    Rustam Desk Editor Wilayah Kalimantan

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00