• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Kota Tual Dukung Pemekaran Provinsi Maluku Tenggara Raya Karena Ada Kepentingan Negara Didalamnya

11 January
16:28 2019
0 Votes (0)

KBRN, Tual : Pemerintah Kota Tual dukung pemekaran Provinsi Maluku Tenggara Raya.

Menurut Walikota , Adam Rahayaan, S.Ag, M.si, pembentukan Provinsi Maluku Tenggara Raya jika dilihat berdasarkan syarat formal telah memenuhi ketentuan, karena  telah memiliki lima Kabupaten / Kota, Jumat (11/1/2019).

Dikatakan Rahayaan, untuk proses pembentukan Provinsi Maluku Tenggara Raya, semua Kepala Daerah yang ada di Wilayah Maluku Tenggara Raya, didorong untuk berkumpul dan membentuk tim bersama-sama dengan perwakilan yang ada di pusat untuk menyuarakannya ditingkat pusat, karena hal tersebut harus dilakukan bersama-sama.

“Tinggal nanti kita dorong Bupati - Bupati yang lain, mari katong duduk dalam satu meja, kita bentuk tim, lalu datang ke Jakarta, kumpul orang Maluku Tenggara raya yang ada di Jakarta, karena gerakan ini tidak bisa hanya disuarakan oleh satu dua orang, orang Kei, Aru, MTB, MBD yang ada di Jakarta kita undang tokoh-tokohnya, kemudian di Ambon kita kumpul baru ke DPR provinsi dan selanjutnya ke DPR RI “ Kata Rahayaan.

Rahayaan menambahkan, sudah saatnya pembentukan Provinsi Maluku Tenggara Raya diperjuangkan, mengingat ada kepentingan negara didalamnya.

“Masuk ke wilayah Timur ini, Teritorialnya kita harus punya, karena dekat Australia dan Timor Leste, sebenarnya kepentingan Negara juga masuk, jangan sampai kita suarakan pemekaran ini, seolah-olah dianggap ini kepentingan politik, kepentingan masyarakat, padahal bukan,  ini kepentingan nasional sebenarnya, disana harus ada Pangdam, harus ada Kapolda, karena berada dekat dengan Negara lain” tegas Rahayaan.

Terkait penentuan calon Ibukota Provinsi, lebih lanjut Rahayaan menegaskan, hal itu tidak terlalu dipikirkan, dimanapun ditentukan letaknya selama masih terletak di dalam wilayah Maluku Tenggara Raya, pemerintah Kota Tual siap mendukung, karena yang terpenting adalah prinsip dasar pemekaran yang harus diperjuangkan.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00