• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ekonomi

Ini Harga Baru Rumah FLPP di Bali

11 January
15:16 2019
0 Votes (0)

KBRN, Denpasar : Dewan Pengurus Daerah Real Estate Indonesia (DPD REI) memastikan harga rumah FLPP di Bali naik tahun 2019. Jika pada tahun 2018 rumah fasilitas likuiditas pembiayaan perumahan (FLPP) dibanderol Rp148.500.000, tahun 2019 ini menjadi Rp158.000.000.

Sekretaris DPD REI Bali, Tino Wijaya mengatakan, kenaikan itu mengacu Peraturan Menteri Keuangan (PMK). Setiap tahun, peningkatan rumah FLPP sesuai kebijakan pemerintahan Presiden RI, Joko Widodo.

Harga baru rumah murah bersubsidi itu menurutnya efektif berlaku 1 Januari 2019. Menyusul kenaikan tersebut, pihak perbankan dan developer telah melakukan sosialisasi kepada para calon pembeli.

"Sudah, itu (sosialisasi, red) dilakukan oleh perbankan dan kementerian. Tetapi di beberapa rekan-rekan developer juga masih ada dengan harga lama. Ya, untuk marketing kan seperti biasa, mereka ada promo, ada diskon, masih harga lama dan sebagainya," katanya kepada RRI di Denpasar, Jumat (11/1/2019).

Dikatakan, tahun 2019 ini pihaknya menarget 10.000 unit rumah murah bersubsidi terbangun di Bali. Empat wilayah masih menjadi konsern pengembangan rumah masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) meliputi Kabupaten Tabanan, Buleleng, Jembrana, dan Karangasem.

"Pemerintah akan mengarahkan ke kabupaten-kabupaten lain. Karena seperti di Bali kan baru empat kabupaten. Pemerintah pusat menyarankan agar di semua kabupaten bisa terealisasi," ungkapnya.

Berbicara penyediaan rumah bersubisidi, REI Bali disebut masih fokus memperjuangkan realisasi hunian vertikal (rumah susun). Beberapa kabupaten disebut disasar sebagai lokasi pendirian hunian vertikal.

"Karena rumah subsidi itu tidak hanya rumah tapak, tapi juga rumah susun. Di beberapa kabupaten ide ini yang akan didorong oleh kementerian, dan developer agar rumah susun juga bisa terealisasi di Bali," pungkasnya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00