• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Sigap Polri

Polres dan Pemkab Sorong Siap Tindak Lanjuti MoU Polri - Kemensos

11 January
13:57 2019
3 Votes (5)

KBRN, Aimas : Guna menghadirkan pemerintahan yang bersih, jujur, transparan dan akuntabel, terutama dalam pengelolaan dan penyaluran bantuan sosial, Kementerian Sosial menggandeng Mabes Polri untuk melakukan pengawasan terhadap penyaluran bantuan sosial yang selama ini dianggap rawan disalah gunakan, kesepakatan ini ditanda tangani bersama oleh Menteri Sosial Agus Gumiwang dan Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian, Jum'at (11/1/2019) di Jakarta disaksikan langsung oleh Polda, Pemerintah Provinsi, Polres dan Pemda Kabupaten maupun Kota diseluruh Indonesia.

Wakil Bupati Sorong Suka Harjono usai mengikuti video conference diaula Vidcon Polres Sorong mengatakan siap mendukung dan menyukseskan program Kementerian Sosial, dan menurutnya langkah tersebut sangat strategis karena akan dapat mencegah tindak pidana korupsi bantuan sosial.

"Ini langkah bijak, penting sekali untuk mengukur sejauhmana dana bantuan sosial yang digelontorkan pemerintah pusat dapat tersalurkan dengan baik, apalagi jika penggunaan dana bantuan sosial itu disalah gunakan atau tidak tepat sasaran maka akan merugikan masyarakat dan pemerintah" kata Suka Harjono.

Sementara itu, Kapolres Sorong AKBP Dewa Made Sidan Sutrahna mengatakan setelah menyaksikan penanda tanganan kerjasama, nanti akan ada instruksi pembentukan tim pengawasan, dan sesuai instruksi Kapolri yang akan mengkoordir yakni Direskrimsus untuk Polda maka Satreskrim untuk tingkat Polres.

"Kan baru ditanda tangani MoU-nya, setelah ini nanti sesuai instruksi Kapolri harus dibentuk tim, maka kami harapkan segera tim kita bentuk, yang memimpin nanti Kasat Reskrim untuk kelas Polres dan Direskrimsus untuk tingkat Polda" ujar Kapolres Sorong Dewa Made Sidan Sutrahna.

Kendati Kementerian Sosial telah menurunkan tim pendamping untuk mengkoordinasikan penyaluran bantuan sosial, namun dengan kerjasama antara Kemensos dan Mabes Polri akan semakin menguatkan pengawasan penyaluran bantuan sosial yang merupakan hak rakyat.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00