• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kesehatan

Tunggakan Iuran BPJS Semarang Tahun 2018 Capai Rp 50 Miliar

11 January
11:55 2019
0 Votes (0)

KBRN, Semarang : BPJS Kesehatan Kantor Cabang Semarang menyebutkan saat ini tunggakan dari peserta BPJS kesehatan mencapai Rp, 50 miliar ditahun 2018.

“Kesadaran masyarakat untuk membayar iuran beberapa diantaranya masih kurang, padahal manfaat jaminan kesehatan ini sangat penting untuk kebersamaan anggota kepersertaan BPJS Kesehatan,” kata Kepala Kantor BPJS Kesehatan Kantor Cabang Semarang, Bimantoro kepada RRI, Jumat (11/01/2019).

Untuk menagih tunggakan tersebut, Pihaknya telah membentuk Kader JKN yang nantinya akan menagih para peserta BPJS Kesehatan meski tidak dibayar. Namun mereka mendapatkan komisi dari hasil penangihan tersebut.

Selain soal penunggakan iuran, BPJS Kesehatan kantor cabang Semarang juga mengklaim perbulannya mengalami defisit, dari klaim rumah sakit senilai 229 miliar perbulan, tidak sebanding dengan iuran BPJS Kesehatan dari masyarakat.

“Saat ini iuran peserta BPJS Kesehatan Mandiri maupun melalui fasilitas kesehatan dari Pemerintah berupa UHC hanya 65 Miliar rupiah. Defisit yang ada ini ditutup pemerintah salah satunya melalui pendapatan pemerintah lewat cukai rokok,”sebutnya.

Sementara yang paling banyak dicover BPJS Kesehatan terkait dengan klaim penyakit yang masuk banyak diantaranya merupakan penyakit kronis seperti Jantung, Hipertensi, Cuci darah, Diabetes. Ia pun mengingatkan masyarakat untuk meningkatkan budaya hidup sehat seperti berolahraga dan mengkonsumsi makanan sehat.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00