• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ekonomi

PLN Bangun PLTG 40 MW di Wairita, Sikka

11 January
10:43 2019
0 Votes (0)

KBRN , Ende: Manajemen PT.PLN (Persero) saat ini menyelesaikan pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Gas (PLTG) di Wairita Kabupaten Sikka.

Pembangunan PLTG dengan daya sebesar 40 MW tersebut untuk mengurangi pemakaian solar untuk Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) Wolomarang.

Menurut Manajer Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) PLN Area Flores Bagian Timur (FBT) Lambas Pasaribu kepada wartawan diruang kerjanya Jumad (11/01/2019) mengatakan saat ini untuk pekerjaan kontruksi pembangkit listrik tenaga gas (PLTG) Wairita sudah diatas 94 persen sementara sisanya untuk comisioning tes mesinya untuk mendapatkan sertifikasi laik operasi dari Direktoral Jenderal Ketenagalistrikan Kementrian ESDM sehingga secara legalitas mesin dapat dioperasikan.

Ia menjelaskan secara keseluruhan daya listrik yang akan dihasilkan dari pembangkit listrik tenaga gas Wairita sebesar 40 megawatt dari total 4 unit pembangkit dimana masing-masing pembangkit menghasilkan 11 megawatt.

"Energi listrik yang dihasilkan dari PLTG Wairita nantinya bukan hanya melayani masyarakat Kabupaten Sikka namun juga beberapa daerah didaratan Flores dan Lembata karna saat ini sudah jaringan tegangan menengah(SUTET) lintas Flores dan Lembata," ujarnya.

Lambas Pasaribu menambahkan dengan dibangunnya PLTG Wairita maka kedepan sistem kelistrikan di Flores dan Lembata semakin baik sama seperti sistem listrik Jawa-Bali karna sudah ada jaringan tegangan menengah yang membentang dari ujung barat Flores hingga ujung timur Flores selain itu dengan adanya surplus energi listrik mengundang investor untuk membuka usaha di Kabupaten Sikka agar bisa menggerakan roda pereknomian mamsyarakat.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00