• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Internasional

Inggris Buka Kedubes untuk ASEAN Tahun 2019

10 January
20:48 2019
1 Votes (5)

KBRN, Jakarta : ASEAN sebagai organisasi Negara-negara di kawasan Asia Tenggara, yang telah berdiri lebih dari setengah abad, dinilai oleh masyarakat dunia internasional berhasil menjaga stabilitas kawasan.

Banyak Negara besar bermitra dengan ASEAN dan memfokuskan diri pada berbagai sektor untuk mewujudkan kesejahteraan bagi kedua belah pihak.

Inggris menjadi salah satu Negara yang saat ini tertarik, untuk semakin meningkatkan kerjasama dengan ASEAN yaitu dengan rencana akan memiliki kedutaan besar (kedubes) Inggris untuk ASEAN.

Bahkan, secara khusus sekretaris jenderal Inggris, Simon Mcdonald, bertemu dengan wakil sekjen ASEAN bidang keamanan dan politik, Hoang Anh Tuan dan bidang komunitas ekonomi, Aladdin D. Rillo di sekretariat ASEAN, Kamis (10/1/2019) di Jakarta, bersama 10 duta besar Inggris di kawasan Asia Tenggara.

Kepada awak media, Simon Mcdonald, mengatakan, kedubes Inggris untuk ASEAN sendiri akan berlokasi di kedubes Inggris di Jakarta, serta sementara waktu dubes Inggris di Jakarta, Moazzam Malik ditunjuk sebagai dubes Inggris untuk ASEAN.

“Kami telah menyampaikan keinginan Inggris untuk ikutserta bersama ASEAN dan ingin meningkatkan keikutsertaan tersebut. Saya sudah sampaikan kepada wakil sekjen ASEAN bahwa kami pada tahun ini akan menunjuk duta besar bagi ASEAN. Dalam kurun waktu 2019 kedubes ini akan berlokasi di kedubes Inggris untuk Jakarta. Jadi, infrastrukturnya sudah siap. Tapi, segera perjanjian ini dibuat maka kami akan mengumumkannya (peresmian kedubes Inggris untuk ASEAN),”ujar Simon Mcdonald.

Menurut Mcdonald, dengan adanya kedubes Inggris untuk ASEAN merupakan sinyalmen positif yang ditunjukkan Inggris untuk semakin menseriusi kerjasama dengan ASEAN, khususnya ketika Inggris resmi keluar dari Uni Eropa nantinya.

“Sejauh ini hubungan antara Inggris dan ASEAN dibawa oleh Uni Eropa, selama kami sudah tidak di Uni Eropa dan kami akan melakukan hal ini sendiri. Itu merupakan sinyalmen bahwa kami tidak hanya ingin, tapi juga akan melakukan hal tersebut melalui cara serius,” imbuhnya.

Sementara, kunjungan Simon Mcdonald ke Jakarta juga untuk menghadiri Pertemuan Tahunan Bersama Para Duta Besar Inggris di kawasan Asia Tenggara.

Dibagian lain Simon Mcdonald menyatakan, dalam pertemuan bersama 10 duta besar Inggris di kawasan Asia Tenggara, membahas berbagai hal yang terjadi di kawasan termasuk apa saja yang bisa dilakukan Inggris dalam mendukung terciptanya kesejahteraan dan keamanan di ASEAN.

“Kami juga membahas mengenai adanya pergeseran geopolitik di kawasan dan kebangkitan Tiongkok, serta mengenai berbagai hal yang bisa dilakukan Inggris untuk mendukung ASEAN bagi kesejahteraan dan memastikan keamanan di kawasan. Termasuk, memperdalam kerjasama dengan ASEAN pada bidang perdagangan dan investasi, keamanan dan pertahanan, siber dan fintech, pendidikan dan pengajaran bahasa Inggris, serta HAM dan demokrasi di kawasan ASEAN,”ungkap Simon Mcdonald.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00