• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kesehatan

BPJS Minta RS tidak Tolak Pasien Berobat

10 January
16:58 2019
0 Votes (0)

Kbrn, Palangkaraya : Beredarnya curhatan dari salah satu keluarga pasien di media sosial, terkait penolakan salah satu fasilitas kesehatan di Palangkaraya,  terhadap pasien berobat meskipun pemegang kartu Bpjs, membuat heboh netizen.

Menyikapi hal demikian, Bagian Humas Kantor  Bpjs Kesehatan cabang Palangkaraya Muhammad Irawan meminta masyarakat, tidak mudah begitu saja langsung menghakimi fasilitas kesehatan yang diduga menolak pasien, alangkah baiknya masyarakat melakukan kroscek kebenaran kabar tersebut, dengan mencari tahu  ke pihak rumah sakit terhadap kepesertaan si pasien.

“Saya yakin petugas fasilitas kesehatan menjalankan tugas dengan baik, karena kasus semacam ini sudah sering terjadi, ujung ujungnya ketika dikonfirmasi ke petugas rumah sakit, ternyata kartu si pasien sudah tidak aktif lantaran tidak bayar iuran, berbeda halnya dengan pelayanan terhadap pasien gawat darurat, langsung mendapatkan perawatan dengan cepat,” kata Irawan kepada RRI Kamis (10/01/2019)

Ia menghimbau masyarakat yang sudah terdaftar sebagai peserta JKN KIS, untuk secara rutin membayar iuran, pasalnya keterlambatan pembayaran justru berdampak buruk  bagi peserta tersebut, dan praktis tidak mendapat pelayanan di fasilitas kesehatan. Kendati demikian mekanisme berobat masyarakat diharapkan juga mentaati aturan yang berlaku, salah satunya meminta rujukan kepada dokter keluarga atau puskesmas terdekat manakala hendak dirujuk ke rumah sakit milik pemerintah maupun yang dikelola secara swasta.

  • Tentang Penulis

    Edy Suroso

    Reporter RRI Palangkaraya : hari hari saya, saya habiskan untuk kegiatan keagamaan, mencari berita dan dunia pendidikan non formal.

  • Tentang Editor

    RustamDE

    Rustam Desk Editor Wilayah Kalimantan

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00