• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kesehatan

BPJS Kesehatan Kab.Alor Nyaris Mencapai Target Kepesertaan

10 January
14:41 2019
0 Votes (0)

KBRN, Alor : Badan penyelenggara jaminan sosial (BPJS) kesehatan kabupaten Alor, nyaris mencapai kepesertaan JKN-KIS mencakup universal health coverage (UHC) dengan total masyarakat yang telah terdaftar sebagai pesrta JKN-KIS sebanyak dua ratus tujuh ribu lebih masyarakat, atau 96% dari jumlah pendudukan kabupaten Alor. 

Kepala BPJS Kesehatan kabupaten Alor Gregorius Kapitan mengatakan, dari total jumlah penduduk di Kabupaten Alor sebanyak 214.000, tersisa 7.000 mayarakat yang belum terdaftar sebagai peserta JKN-KIS. Dikatakan kerjasama yang baik telah dibangun dengan pemeirntah kabupaten Alor sehingga banyak masyarakat yang terakomodir sebagi peserta JKN-KIS.

Tercatat sebanyak 45.000 masyarakat yang iuarannya dibayar oleh pemerintah serta pemerintah juga mengeluarkan peraturan yang mewajibkan badan usaha bekerjasama dengan BPJS kesehatan.

"Secara kepersertaan kita sudah hampir mencapai universal health coverage (UHC), tinggal diupayakan lagi sehingga seluruh masyarakat di kabupaten Alor bisa terdaftar sebagai peserta JKN-KIS, kami juga menyampaikan terimakasih kepada pemerintah Kabupaten Alor yang telah mau bekerjasama dengan BPJS dan mengelurkan peraturan daerah, ini menunjukan pemerintah sangat memberikan perhatian serius terhadap perlindungan kesehatan bagi masyarakat Alor," ungkapnya, Kamis (10/1/2019).

Menurut Kepala BPJS Kesehatan Kabupaten Alor George Kapitan, untuk fasilitas kesehatan di kabupaten Alor terdapat dua rumah sakit serta seluruh Puskemas, telah bekerjasama dengan BPJS dan terdapat lima dokter keluaraga dan dua dokter gigi. Dengan penyediaan fasilitas kesehatan tingkat pertama dan dokter keluarga diharapkan peserta JKN-KIS di kabupaten Alor Mendapatlan pelayanan Kesehatan yang optimal.

"Kami berharap agar badan usaha dan masyarakat yang belum menndaftarkan diri sebagai peserta JKN-KIS segara mendaftar sehingga seluruh masyarakat dapat terlindungi dengan pelayanan kesehatan yang optimal," pungkasnya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00