• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Politik

Bawaslu Kalbar Kerjasama Dengan Cyber Crime Atasi Hoaxs

10 January
08:59 2019
0 Votes (0)

KBRN, Pontianak : Badan Pengawas Pemilu-Bawaslu Provinsi maupun Kabupaten Kota memiliki instrumen untuk mengawasi isi dan siapa pemilik akun-akun dan fecebook yang memuat info-info hoax, terutama milik orang-orang yang dilarang, apalagi isinya yang memang dilarang seperti menghina, memprovokasi dan mengadudomba dan lain sebagainya.  Tentu saja Bawaslu melakukannya itu secara gegabah, karena bisa saja pemilik akun yang secara konten melanggar dan Bawaslu tidak dapat menyatakan pemilik akun itulah yang melakukan pelanggaran, mengingat bisa saja itu bukan orangnya.

“Tentu saja ini yang perlu intensifkan kerjasama dengan pihak Cyber Crime, karena kalu terkait dengan isi, tidak juga terkait dengan orang yang melakukan itu dilarang tindakan pidana maka kita akan bekerjasama dengan kepolisian dalam hal ini penanganan  tindakannya itu disentrakan”,  jelas Ketua Bawaslu Provinsi kalimantan Barat Muhammad saat dialog Interaktif  di RRI Pontianak, Kamis (10/1/2019) .

Lebih lanjut Hummad menjelaskan, terlepas dari  itu semua karena ini dlaam bentuk pelanggaran maka Bawaslu melakukan upaya pencegahan supaya tidak terjadi pelanggaran yang masif terkait dengan penggunaan media media sosial dan media online yang sebenarnya tidak memberikan pendidikan  pemilih yang baik. Hal itu dimaksudkan agar konteks kampanye di tahun menjelang pemungutan suara, maka yang dipentingkan adalah hak konstitusi  pemilih itu supaya tahu dengan baik apa yang idlakukan oleh calon DPR, DPD nya maupun Calon Presidennya.

“Makanya  hak-hak dari pemilih harus  kita jaga, artinya kampanye itu bukan serta merta untuk peserta tetapi ini untuk pemilih supaya dia mengetahui, dan dengan mengetahui itu silahkan menentukan pilihannya”, tambahnya. (Hermanta).

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00