• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kesehatan

25 Persen Warga Malang Raya Belum Punya Jaminan Kesehatan

10 January
08:34 2019
0 Votes (0)

KBRN, Malang: Sebanyak 25 persen warga Malang Raya masih belum tergabung dalam kepesertaan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. Artinya, kepesertaan BPJS Kesehatan di wilayah Malang Raya masih 75 persen. Padahal BPJS Kesehatan menargetkan kepesertaan JKN-KIS mencakup Universal Health Coverage (UHC) pada tahun 2019 ini.

Kabid SDM Umum dan Komunikasi Publik BPJS Kesehatan Kantor Cabang Malang Susanti Vita Devi mengatakan, 75 persen warga Malang Raya yang tergabung dalam BPJS Kesehatan yakni 2 juta lebih jiwa. 

"Harapannya di tahun ini kepesertaan bisa mencapai 95 persen untuk seluruh wilayah Malang Raya yang mencakup Kabupaten Malang, Kota Malang, dan Kota Batu," katanya, Kamis (10/1/2019).

Menurutnya, kesadaran masyarakat menjadi salah satu kendala pencapaian target tersebut. Selain itu, tunggakan pembayaran iuran peserta juga cukup besar. Di akhir 2018, tercatat tunggakan peserta BPJS Kesehatan di Malang Raya mencapai sekitar RP 1,5 Triliun.  

"Untuk pencapaian UHC ini di sebenarnya di  Indonesia baru 5 tahun dengan pencapaian yang cukup bagus. Sebab di negara lain butuh 15 tahun untuk mencapai UHC. Demi memenuhi target ini, kita akan terjunkan petugas untuk memberikan sosialisasi ke masyarakat," tandas Santi. 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00