• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Budaya dan Wisata

Buleleng Kembangkan Wisata Berbasis Kearifan Lokal

10 January
04:25 2019
0 Votes (0)

KBRN, Singaraja : Buleleng memiliki potensi pariwisata tersebar di seluruh kecamatan. Satu desa dengan desa lainnya memiliki potensi dan karakteristik yang sangat berbeda beda.

Karakteristik dan potensi yang berbeda itulah menjadi daya tarik tersendiri untuk dikembangkan menjadi desa wisata.

Tercatat di Buleleng ada 31 desa wisata yang siap mendukung kepariwisataan di Buleleng disamping 86 Daya Tarik Wisata.

Sejalan dengan hal tersebut desa wisata yang mengedepankan kearifan lokal saat ini menjadi daya tarik tersendiri untuk dikembangkan menunjang kepariwisataan di daerah ini.

Untuk lebih memberi motivasi bagi desa wisata, Dinas Pariwisata Buleleng, Rabu (9/1/2018) siang menggelar rapat Pengembangan Desa Wisata yang berkelanjutan dengan mengoptimalkan kearifan lokal di Rumah Intaran Desa Bengkala Kecamatan Kubutambahan.

Dalam pertemuan 31 desa wisata yang juga menghadirkan budayawan Sugi Lanus, berlangsung diskusi menarik terkait strategi mengelola desa wisata sesuai dengan potensi yang ada.

Kepala Dinas Parisiwata Buleleng Ir Nyoman Sutrisna, MM, MBA kepada RRI mengungkapkan, pertemuan tersebut penting dilaksanakan sebagai upaya mendatangkan lebih banyak lagi wisatawan datang ke Bali Utara.

“Yang cukup unik yang ada di masing-masing desa, sehingga masing-masing desa ini akan membuat branding. Nah dari branding ini lah yang nanti akan kita coba lakukan bagaimana mengemas dengan yang berkualitas,” paparnya.

Nyoman Sutrisna menambahkan, kearifan lokal yang dimiliki masing-masing desa tentunya harus dipertahankan dan dilestarikan, karena wisatawan mancanegara datang ke Bali lebih banyak mencari yang unik dan tetap dilestarikan.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00