• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Budaya dan Wisata

Wisatawan Mancanegara Akan Meriahkan Festival Durian Borneo 2019

9 January
17:04 2019
0 Votes (0)

KBRN, Kubu Raya : Pulau Kalimantan,  khususnya Kalimantan Barat yang merupakan sumber plasma nutfah  dan pusat keanekaragaman jenis durian di dunia, dimana dari  sekitar 30 spesies durian yang ada di dunia,  20 diantaranya tumbuh di Indonesia dan 18 jenis berasal dari Kalimantan.

Atas dasar itulah mendorong Komunitas Kalimantan Barat berkebun akan melaksanakan Festifal Durian Berneo yang akan dilaksanakan pada di halaman  Kantor  Desa Punggur Kecil Kecamatan Kakap Kabupaten Kubu Raya Kalimantan Barat, Sabtu dan Minggu (12-13 Januari 2019).

 “Mengenai kesiapannya sendiri sudah berjalan sesuai yang diharapkan, sedangkan mengenai pesertanya karena ruang lingkupnya Borneo ada dari perwakilan Kalteng sudah saya konfirmasi hampir semua Kabupaten di Kaltim datang, artinya benar-benar, bahkan karena ini Festival Durian Borneo maka termasuk Malaysia juga datang”, jelas Ketua Panitia Pelaksana Festival Durian Borneo Kalimantan Barat, Priyono Rabu (09/01/2019).

Priyono menyatakan Festival Durian Borneo di Kalimantan  Barat nanti akan menghadirkan Juri Ketua Yayasan Durian Nusantara yaitu Muhammad Reza Tirta Winata,  Balai Penelitian Buah Tropika, Panca Jarot Santosodan dari Dinas Pertanian Anton Komarudin serta dari Masyarakat penghobi Durian  Micheal Yan. 

Dibagian lain Kepala Desa Punggur Kecil Kecamatan Kakap Kabupaten Kubu Raya Kalimantan Barat Adi Kusuma Jaya  menyambut baik Festival Durian Borneo ini, karena selain akan membawa nama baik Desa Punggur Kecil dan Kalimantan barat pada Umumnya, juga varietas-varietas durian yang ada belum terekspor keluar.

“Kami menganggap ini suatu even yang baik sekali, karena mungkin nantinya akan remai sekali orang datang ke tempat kami walaupun pada saat ini kalau untuk durian memang sudah tidak terlalu banyak, karena memang sudah telat waktunya kemarin tetapi pada saat ini kami juga penen langsat yang juga merupakan varietas unggulan kami, sehingga pada saat nanti juga kana kami tampilkan, karena semua orang juga sudah tahu  bahwa langsat borneo merupakan langsat unggulan dan belum pernah ketemu langsat yang lebih baik dari langsat kami di Pinggur” , ungkapnya.

Adi Kusuma Jaya  berharap Festival Durian Borneo yang akan menyiapkan lebih dari 4.000 durian ini kedepannya dapat  menjadi jadwal rutin, sehingga kegiatan pertama yang akan di gelar Sabu dan Minggu nanti dapat menjadi totok ukur terhadap kegiatan selanjutnya. (Hermanta).

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00