• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Internasional

Kim Jong Un Minta Saran Xi Jinping Terkait Pertemuannya dengan Donald Trump

9 January
17:00 2019
1 Votes (5)

KBRN, Jakarta: Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un memenuhi undangan presiden Xi Jinping untuk berkunjung ke Cina selama 4 hari guna membahas antara lain tentang rencana pertemuan Kim dengan presiden Donald Trump.

Pertemuan ini juga untuk memperkuat hubungan bilateral antara Korea Utara dengan Cina. Tahun ini hubungan diplomatik kedua negara genap 70 tahun.  Keduanya mengadakan diskusi selama satu jam di hari pertama pertemuan, Selasa (8/1/2019).

Dilansir dari kantor berita Korea Selatan, Yonhap News Agency yang diterima RRI pada Rabu (9/1/2019).

Menurut sumber berita , Kim dan Xi membahas penyelarasan sikap sebelum pertemuan Kim  dengan Presiden Amerika Serikat terkait dengan program nuklir Korea Utara.

Menurut seorang sumber seperti dilansir dari Chosun Ilbo, Kim berkunjung ke Cina untuk mendapatkan saran atas pembahasan denuklirisasi saat pertemuannya nanti dengan Trump. 

Usai pertemuan, Kim dan Xi melanjutkan dengan makan malam didamping istri mereka.

Kim datang ke Cina menggunakan kereta pribadi pada hari Selasa, 8 Januari 2019 bersama istrinya, Ri Sol Ju. Kim membawa pejabat partai, pemerintah dan militer, termasuk Kim Yong-chol, negosiator nuklir utama dengan Amerika Serikat, dan Ri Yong-ho dan No Kwang-chol, dari Kementerian Luar Negeri dan Pertahanan Korea Utara.

Mereka dikawal oleh polisi Cina menggunakan limusin yang sudah disediakan menuju Diaoyutai State Guesthouse di Beijing.

Rencana perjalanan rinci Kim Jong Un di Cina selama empat belum diketahui.

Pertemuan ini merupakan pertemuan pertama antara Kim Jong Un dengan Presiden Xi tahun ini. Tahun lalu, keduanya mengadakan pertemuan sebanyak tiga kali. (Yonhap News Agency)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00