• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Budaya dan Wisata

Sinergikan Program Pemprov, Wagub NTB Sambangi Dompu

9 January
09:02 2019
0 Votes (0)

KBRN, Dompu : Sektor Pariwisata, merupakan sektor andalan kedua di Indonesia, setelah pertambangan. Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat, merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang juga menjadikan sektor pariwisata sebagai andalan.

Wakil Gubernur NTB, Hj. Siti Rohmi Djalilah, saat melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Dompu, mengharapkan dukungan penuh Kabupaten/Kota, untuk bisa mendukung penuh program pemerintah provinsi ini.

“Apalagi, Kabupaten Dompu merupakan kabupaten yang dalam RPJMDnya, menjadikan Pariwisata sebagai program unggulan selain komoditi tebu rakyat dan jagung denga Terpijarnya,” katanya, Rabu (9/1/2019).

Di Kabupaten Dompu, lanjut Siti Rohmi, terdapat banyak destinasi pariwisata yang bisa diandalkan, terutama obyek pantai Lakey yang sudah menjadi andalan kunjungan wisatawan mancanegara (wisman). Ditambah lagi, berdiri kokohnya Gunung Api Tambora, yang juga terkenal dengan sejarah letusannya. Itu semua, kata Rohmi, bisa mendongkrak target kunjungan wisatawan yang ditargetkan Pemprov NTB.

Terkait dengan harapan tersebut, Rohmi menekankan agar Pemkab Dompu lebih serius mengembangkan potensi pariwisata sehingga pariwisata Dompu lebih baik lagi kedepanya.

“Kita semua tahu permasalahan pariwisata saat ini masih sangat kompleks seperti permasalahan sampah dan permasalahan lainya. Untuk itu pemerintah daerah menyediakan bank sampah untuk menampung sampah tersebut,” jelasnya.

Sementara itu, Bupati Dompu, H Bambang M Yasin, menjelaskan, selama ini andalan pariwisata Kabupaten Dompu hanya pantai Lakey dengan olahraga surfing dan  proses pengembangan pariwisata pantai lakey tetap dilakukan. Hanya saja secara statistis jumlah kunjungan wisata di Lakey tidak terjadi pertumbuhan yang signifikan.

“Dan itu berarti bahwa dampaknya terhadap kehidupan sosial ekonomi masyarakat setempat tidak terlalu signifikan,” jelasnya.

Selain pengembangan pariwisata Lakey, Pemkab Dompu juga fokus menata wisata Tambora, dimana setiap tahunnya, dilaksanakan Festival Pesona Tambora. Namun, lagi-lagi secara statistik juga pertumbuhan ke daerah juga tidak signifikan dan ini harus dimaklumi karena dipengaruhi akses.

Terkait akses ini kata Bupati, ada hal yang sangat menggangu ketika ada wisman tujuan Dompu yang masuk di Bandara Sultan Salahudin Bima, dimana pelaku pariwisata merasa terganggu oleh sikap operator yang ada di Bandara Sultan Salahudin Bima.

“Disisi lain, pemilik hotel yang ada di Dompu terutama di Lakey tidak bisa secara bebas mengantar dan menjemput tamu hotel mereka karena selalu dihalangi  oleh pelaku usaha Taxi Bandara,” katanya.

Persoalan ini sudah sering dibicarakan dengan Pemkab Bima, bahkan ada MOU terkait persoalan itu. Akan tetapi faktanya dilapangan tidak bisa dilakukan secara tuntas. Berkali-kali juga pertemuan dengan operator taxi bandara yang difasilitasi oleh Dinas Perhubungan Provinsi, namun lagi-lagi pertemuan itu juga selalu berujung buntu. 

  • Tentang Penulis

    Mujtahidin

    Reporter RRI / KBRN wilayah Bima, Dompu dan Kota Bima, NTB.// WA:0813-5362-5075// email:mujtahidin@rri.co.id.// didin74dompu@gmail.com// twitter//: @didin_rri// Telegram : @didin_rri_Mataram.//

  • Tentang Editor

    Hikmat Raharjo Oetomo

    Editor RRI Denpasar

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00