• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kesehatan

Belum Terakreditasi, Enam RS di Kalsel Terancam Putus Kontrak Dengan BPJS

8 January
08:22 2019
1 Votes (5)

KBRN, Banjarmasin: Enam rumah sakit di Kalimantan Selatan terancam diputus kontraknya oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Banjarmasin  karena belum memiliki akreditasi.

Sejumlah Rumah Sakit tersebut yakni, RSU Marina Permata - Tanah Bumbu, RSUD Abdul Aziz - Marabahan, RSU Mawar dan Syifa Medika - Banjarbaru, serta RSU Borneo Citra Medika dan RSIA Ibunda - Tanah Laut.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Banjarmasin Muhammad Fakhriza mengatakan, mengacu pada Permenkes Nomor 99 Tahun 2015 tentang Pelayanan Kesehatan pada Jaminan Kesehatan Nasional, terhitung sejak 1 Januari 2019 BPJS Kesehatan akan memutus kerjasamanya dengan rumah sakit yang tidak mengantongi akreditasi.

“Sejak Permenkes ditetapkan 2016 lalu, pihak rumah sakit sebenarnya  telah diberikan waktu selama 3 tahun untuk melengkapi akreditasi, yang merupakan syarat wajib bagi rumah sakit. Namun ternyata masih saja ada yang belum selesai akreditasinya,”katanya. Selasa(8/1/2019).

Fakhriza menegaskan, pemutusan kontrak kerjasama ini tidak serta merta dilakukan pihaknya, melainkan melalui surat keputusan dari Kementrian Kesehatan.

Kendati demikian, keenam rumah sakit tersebut kembali diberikan tenggang waktu selama 6 bulan kedepan untuk menyelesaikan akreditasi, sebelum pemutusan kerjasama benar - benar diterapkan.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00