• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kesehatan

Rumah Sakit di Kaltara Tetap Layani Peserta JKN-KIS

7 January
19:43 2019
0 Votes (0)

KBRN, Tarakan : Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Tarakan, memastikan untuk wilayah Kalimantan Utara (Kaltara), pihak BPJS Kesehatan masih melakukan kerjasama dengan rumah sakit dan beberapa fasilitas kesehatan (Faskes) dalam hal pemberian pelayanan bagi peserta JKN-KIS. 

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Tarakan, Wahyudi Putra Pujianto mengungkapkan, saat ini sedang viral pemutusan kontrak beberapa rumah sakit, sehingga tidak lagi melayani peserta JKN-KIS. Namun hal tersebut, tidak terjadi di Kaltara. 

"Rumah sakit yang tidak diperpanjang kontraknya karena belum terakreditasi dan tidak direkomendasikan oleh Kementerian Kesehatan. Untuk wilayah Kaltara, BPJS masih melakukan kerjasama dengan rumah sakit dan Faskes yang ada untuk tetap memberikan pelayanan kepada peserta JKN-KIS," ungkap Wahyudi, Senin (7/1/2019). 

Dibeberkan Wahyudi, untuk bekerjasama dengan BPJS Kesehatan, sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 99 Tahun 2015, syararat sertifikat akreditasi menjadi hal wajib yang harus dipenuhi rumah sakit. 

"BPJS Kesehatan Cabang Tarakan telah bekerja sama dengan 6 Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL) yaitu 5 rumah sakit dan 1 klinik utama, 111 Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) antara lain 52 puskesmas, 39 dokter praktek perorangan, 20 klinik pratama dan klinik TNI/POLRI, 6 Apotek dan 5 Optik yang tersebar diseluruh wilayah Kaltara, dan semuanya telah memenuhi ketentuan untuk melanjutkan kerja sama di Tahun 2019" jelasnya. 

Oleh karenanya, Wahyudi meminta masyarakat Kaltara tidak khawatir terhadap viralnya pemutusan kontrak beberapa rumah sakit dengan BPJS Kesehatan, sebab hal tersebut tidak terjadi di Kaltara. (jn) 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00