• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kesehatan

Tidak Mendaftar BPJS Kesehatan Akan Terkena Sanksi

6 January
16:39 2019
0 Votes (0)

KBRN, Pontianak : Bpjs Kesehatan Pontianak, masih menemukan masyarakat yang belum terdaftar menjadi peserta  Jaminan Kesehatan Nasional  Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) di Kalimantan Barat, baik  yang pemerintah dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) dan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD).

Begitu halnya dengan peserta mandiri, termasuk dari badan usaha juga masih ada yang belum mendaftarkan seluruh karyawannya sebagai peserta JKN KIS.

Kepala Bidang Sumber Daya Manusia  (SDM) Umum dan Komunikasi Publik BPJS Kesehatan Pontianak,  Dwi  Restiyanti menjelaskan per 1 Januari  2019  seluruh peserta harus menjadi peserta JKN-KIS, dan ini perlu menjadi perhatian semua pihak.

“Tapi masih ada kendala-kendala di lapangan yang belum maksimal untuk pencapaian target, dimana upaya-upaya kita istilahnya kita sudah minta dukungan juga dari berbagai pihak agar mau mendaftarkan sebagai peserta JKN-KIS, karena jika tidak mendaftarkan nanti akan dikombain datanya, misalnya mendaftarkan ke BPJS ketenagakerjaan 100 orang, tetapi di BPJS Kesehatan cuma 50 orang tentu ini akan ketahuan”, jelas Dwi  Restiyanti saat Sosialisasi di Pontianak,  Minggu (06/01/2019).

Dijelaskannya perusahaan wajib mendaftarkan BPJS Kesehatan Karyawanya, karena hal itu sudah diatur dalam Undang-Undang Nomor 24 Tahuan 2011 tentang Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial. Dikarenakan BPJS Kesehatan merupakan satu diantara bentuk jaminan sosial yang diatur oleh pemerintah, termasuk tentang sanksi perusahaan yang tidak mendaftarkan BPJS kesehatan karyawan, diantaranya teguran tertulis, denda, dan atau tidak mendapat pelayanan publik tertentu. 

Sedangkan bagi masyarakat yang tidak  terdaftar sebagai anggota BPJS  Kesehatan akan dikenakan sanksi perorangan berupa tidak mendapat pelayanan publik tertentu oleh pemerintah, baik pemda provinsi maupun kabupaten dan kota. Sanksi tersebut berupa tidak mendapat Izin Mendirikan Bangunan (IMB, Surat Izin Mengemudi (SIM), sertifikat tanah, paspor serta Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK). ( Hermanta).

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00